Telusuri Suap Bupati Malang, KPK Telah Periksa Lebih 30 Saksi

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 29 Nov 2018 17:43 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - KPK terus memeriksa para saksi terkait dugaan suap Bupati Malang nonaktif Rendra Kresna. Pemeriksaan yang digelar di Polres Malang Kota menghadirkan sejumlah saksi dari kalangan birokrasi Pemkab Malang. Di antaranya, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Malang Abdul Haris serta Kepala Dinas Pendidikan M Hidayat.

Ada 8 saksi yang terlihat hadir memenuhi panggilan penyidik KPK hari ini. Selain, Sekretaris Dispora dan Kepala Dinas Pendidikan, saksi lain adalah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Budi Iswoyo, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Iriantoro, serta aparatur sipil negara (ASN) lain dari beberapa OPD di lingkungan Pemkab Malang.

Beberapa saksi saat ditanya wartawan mengaku dipanggil sebagai saksi atas kasus yang kini menjerat Rendra Kresna. "Dipanggil sebagai saksi," ungkap para saksi yang datang mengenakan baju Korpri itu.


Sejak awal pekan ini, penyidik KPK menggelar pemeriksaan di Polres Malang Kota. 30 Lebih saksi dihadirkan untuk dimintai keterangan atas kasus yang tengah ditangani.

Pemeriksaan digelar di ruang Rupatama Polres Malang Kota secara tertutup. Personel kepolisian berseragam terlihat berjaga di depan pintu keluar masuk ruang Rupatama.

Bupati Malang Rendra Kresna dijerat KPK dengan 2 sangkaan yaitu suap dan gratifikasi. Total penerimaan uang Rendra disebut KPK Rp 7 miliar. KPK juga telah menahan Rendra Kresna bersama tersangka lain atas kasus yang menjeratnya.


Berikut ini rincian 2 perkara yang menjerat Bupati Rendra:

Suap

- Tersangka: Rendra Kresna selaku Bupati Malang dan Ali Murtopo sebagai swasta.
- Terkait: Penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.
- Total suap: Rp 3,45 miliar.

Gratifikasi

- Tersangka: Rendra Kresna selaku Bupati Malang dan Eryk Armando Talla sebagai swasta.
- Terkait: Sejumlah proyek di sejumlah dinas di Kabupaten Malang.
- Total suap: Rp 3,55 miliar.


Simak Juga 'Bupati Malang Rendra Kresna Ditahan KPK!':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)