Ular Sanca Teror Warga Probolinggo, Banyak Ternak Hilang Dimangsa

M Rofiq - detikNews
Selasa, 27 Nov 2018 12:41 WIB
Warga mencari ular sanca yang memangsa ternaknya (Foto: M Rofiq)
Warga mencari ular sanca yang memangsa ternaknya (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Beberapa hari terakhir warga Jalan Lawu, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo diresahkan atas banyaknya ternak yang hilang. Ayam dan itik warga tiba-tiba hilang secara mendadak.

Warga menduga jika ternak yang hilang itu akibat dimangsa ular sanca. Karena beberapa warga sempat melihat kemunculan hewan melata tersebut. Urip Santoso, salah seorang warga setempat, awalnya menduga ayamnya hilang karena dicuri maling.

Namun dugaan Urip salah karena ia mengaku sempat melihat kemunculan ular sanca di sekitar kampungnya. Urip yakin jika tiga ayamnya hilang karena dimangsa sanca. Warga sempat berusaha menangkap ular besar itu, namun belum berhasil. Dalam seminggu ini ada 15 ternak warga yang hilang, 10 ayam dan 5 itik.


Urip mengatakan sejak sepekan lalu sudah ada beberapa warga yang kehilangan ternaknya. Urip mengaku sanca yang dilihatnya mempunyai panjang sekitar 3 meter. Sementara motif kulitnya sisik Kembang.

"Kemarin sempat saya lihat, ular itu berada sekitar kandang ayam warga. Namun beberapa menit kemudian hilang, saat mau ditangkap," ujar Urip, Selasa (27/11/2018).

Hal senada juga dikatakan Mahfud. Mahfud mengaku kehilangan ayam jagonya yang dbelinya seharga Rp 1,5 juta. Ia meyakini kalo ayamnya itu telah dimangsa sanca yang berkeliaran di kampungnya.


"Sudah 2 hari hilang ayam kesayangan saya, ada yang melihat katanya dimakan ular, ini saya dan warga terus cari ular itu," kata Mahfud kesal.

Hingga saat ini warga Kelurahan Ketapang terus memburu keberadaan ular sanca tersebut. Beragam cara digunakan warga, mulai dengan membuat perangkap atau memburu dengan senapan angin. (iwd/iwd)