DetikNews
Rabu 21 November 2018, 18:51 WIB

Versi Polisi soal Kisah Pertemuan Pelaku Penyerangan di Lamongan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Versi Polisi soal Kisah Pertemuan Pelaku Penyerangan di Lamongan Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Lamongan - Pelaku penyerangan polisi di Paciran, Lamongan, yaitu E dan S disebut baru berkenalan. Menurut versi polisi, keduanya baru berkenalan sekitar 3-4 bulan belakangan.

Ternyata dari pertemuan tersebut, keduanya merasa memiliki pemahaman agama yang sama sehingga mudah akrab.

"Menurut keterangan dari pelaku, mereka bertemu saat keduanya bertemu kegiatan ibadah selama 3 sampai 4 bulan di mushola Lamongan. Karena memiliki satu akidah dan konsep pemahaman yang sama akhirnya akrab," papar Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung di RS Bhayangkara Surabaya kepada detikcom, Rabu (21/11/2018).


Setelah dekat, keduanya berencana menyerang pos lantas di Paciran. Dalam perencanaan tersebut, muncul sebuah gagasan untuk melakukan pelemparan dengan batu dan kelereng.

"Beberapa kali melakukan perencanaan seperti akan melakukan penyerangan ke pos lantas. Mereka merencanakannya ya 3-4 bulan sejak kenal," lanjut Feby.


Feby menambahkan keduanya pernah melakukan hal yang sama di awal tahun 2018 namun tidak sampai berakibat fatal.

"Salah satunya seperti itu dilempar batu dan kelereng tapi untuk detailnya kita belum bisa jelaskan. Tahun 2018 awal, sebelumnya informasinya melakukan hal yang sama di wilayah pos lantas wilayah Lamongan tapi tidak mengakibatkan kerusakan, hanya retak saja dan itu tidak diketahui polisi karena pos lantas dikosongkan. Itu keterangan dari tersangka," tutup Feby.


Namun dari keterangan orang tua S, keduanya disebut baru berkenalan satu bulan belakangan. Kedua orang tua S, Farikhin dan Muinah mengungkapkan E dan S bertemu ketika S kerap mengantar adik perempuannya bersekolah di wilayah Geneng, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

"Bertemu dan kenal dengan E ya ketika rutinitas mengantar adiknya ini," kata Farikhin secara terpisah.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed