DetikNews
Senin 19 November 2018, 14:22 WIB

Kolam Segaran Tinggalan Majapahit Kering, Seperti Apa Penampakannya?

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kolam Segaran Tinggalan Majapahit Kering, Seperti Apa Penampakannya? Kolam Segaran mengering. (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto - Situs purbakala Kolam Segaran di Desa/Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto mengering. Bagian dasar kolam pun terlihat jelas dari permukaan.

"Airnya mengering karena kemarau sangat panjang," ungkap Juru Pelihara Kolam Segaran dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim, Adi Waluyo kepada detikcom di lokasi, Senin (19/11/2018).

Adi menambahkan, kolam mengering sejak tiga bulan lalu.


Karena mengering, bagian dasar kolam pun terlihat jelas. Hanya sedikit air yang tersisa di dalam kolam, terutama di bagian tengah dan sudut utara kolam.

Sebagian dasar kolam yang sudah tidak tertutup air pun terlihat berupa hamparan tanah yang pecah-pecah akibat mengering. Beberapa bagian dasar kolam sedalam 2,88 meter ini ditumbuhi rumput liar.

Struktur bata kuno pada dinding Kolam Segaran juga nampak jelas hingga bagian dasarnya. Tumpukan bata merah kuno itu tertutup oleh lumut yang sudah mengering.

Kolam Segaran Tinggalan Majapahit Kering, Seperti Apa Penampakannya?Petugas membersihkan lumut kering yang menempel di struktur bebatuan kuno yang mengelilingi kolam. (Foto: Enggran Eko Budianto)

Ditambahkan Adi, fenomena Kolam Segaran yang mengering tergolong langka. Sebab selama lebih dari 10 tahun, kolam purba ini tak pernah mengering.

"Ini langka, 10 tahun terakhir belum pernah kering seperti ini," tandasnya.


Adi menjelaskan, dalam sejarahnya Kolam Segaran merupakan salah satu bagian dari sistem irigasi pada zaman Majapahit. Air di kolam ini berasal dari situs Balong Bunder yang terletak sekitar 100 meter di sebelah selatan kolam. Saat ini air di situs Balong Buder juga mengering akibat musim kemarau.

"Balong Bunder airnya dari sungai-sungai di sekitarnya, kemudian mengalir ke Kolam Segaran. Dari Kolam Segaran mengalir ke sungai yang menuju ke sawah-sawah. Ada pintu airnya di sisi utara kolam," ujarnya.

Kolam Segaran telah lama menjadi obyek wisata yang terkenal di Kabupaten Mojokerto, terutama bagi para pecinta memancing atau mereka yang ingin menyantap penyet ikan wader yang bertebaran di pinggir kolam.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed