DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 18:18 WIB

Mengkreng Padat, Kemacetan Mengular Hingga Tol Mojokerto-Kertosono

Enggran Eko Budianto - detikNews
Mengkreng Padat, Kemacetan Mengular Hingga Tol Mojokerto-Kertosono Foto:Istimewa
Mojokerto - Kepadatan di simpang Mengkreng mengakibatkan kemacetan cukup panjang di jalur arteri Jombang. Bahkan kemacetan ini juga berimbas terhadap exit Bandar, ruas tol Mojokerto-Kertosono.

Deputy Kepala Departemen Manajemen Pendapatan Tol Mojokerto-Kertosono Rifan Tsamany mengatakan, saat ini antrean kendaraan di exit tol Bandar mencapai sekitar 200 meter. Kemacetan ini imbas dari kepadatan di jalur arteri Jombang, khususnya kendaraan dari arah Surabaya ke Nganjuk.

"Kemacetan di simpang Mengkreng ekornya berdampak ke tol. Terjadi pertemuan antara kendaraan dari tol dengan kendaraan di jalur arteri dari arah Surabaya," kata Rifan saat dihubungi detikcom, Sabtu (17/11/2018).


Kepadatan ini, lanjut Rifan, terjadi sejak sekitar pukul 14.00 WIB. Sekitar pukul 15.30 WIB, arus kendaraan di exit tol Bandar sempat tak bergerak. Sehingga kendaraan yang melalui tol dari arah Surabaya sempat dialihkan keluar di GT Jombang antara pukul 16.00-16.30 WIB.

"Saat ini sudah dibuka lagi ke arah Bandar. Kalau dialihkan ke GT Jombang semua, malah padat di dalam Jombang Kota," terangnya.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana menjelaskan, antrean kendaraan dari Surabaya ke Nganjuk terjadi mulai jembatan Kayen hingga simpang Mengkreng. Sementara arus lalu lintas dari arah sebaliknya ramai lancar.


Dia juga membenarkan kepadatan di jalur arteri berimbas ke Tol Mojokerto-Kertosono. Menurut Inggal, kemacetan ini akibat peningkatan volume kendaraan dari arah Surabaya pada momen weekend.

"Imbas volume kendaraan dan simpang Mengkreng, Kediri," tegasnya.

Agar kemacetan tak semakin parah, Inggal mengimbau para pengendara yang terlanjur terjebak kemacetan supaya bersabar mengikuti arahan kepolisian. Sementara yang akan menuju ke Nganjuk atau Kediri, sebaiknya melalui jalur alternatif.

"Silakan menggunakan jalur alternatif via Jatipelem-Tanggungan-Kasemen-Kunjang-Papar untuk menghindari kepadatan di Bandar Kedungmulyo," tandasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed