DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 12:43 WIB

Olah TKP Mobil Tertabrak Kereta Api: Lonceng Perlintasan Tak Bunyi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Olah TKP Mobil Tertabrak Kereta Api: Lonceng Perlintasan Tak Bunyi Perlintasan lokasi kecelakaan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Polisi mendapati beberapa temuan saat melakukan olah TKP usai kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta di Pagesangan, Surabaya. Salah satunya, lonceng atau alarm penanda yang memberi peringatan sebelum kereta lewat ternyata tidak berfungsi.

"Kalau lonceng ini sepertinya sudah lama tidak berfungsi," ujar Kanit Laka Polrestabes Surabaya AKP Gusti Ketut Antara saat melakukan olah TKP di lokasi, Senin (22/10/2018).

Antara mengatakan pihaknya telah memeriksa dua saksi. Keduanya yakni penjaga palang pintu. Namun, Antara menambahkan kedua penjaga merupakan penjaga swadaya dari masyarakat, bukan dari petugas KAI ataupun Dishub.


Polisi melakukan olah TKPPolisi melakukan olah TKP Foto: Hilda Meilisa Rinanda


"Ada dua saksi yaitu petugas palang pintu tadi dan nanti kami panggil dari masinis maupun dari petugas yang lain. Ini kan petugas palang pintu itu swadaya, jadi tidak memiliki SOP, tidak memiliki standar khusus. Jadi kami hanya menyampaikan apakah pada saat itu bunyi klakson sudah berbunyi atau tidak," papar Antara.

Saat ditanya apakah ada bunyi klakson dari masinis sebelum kereta lewat, Antara mengatakan dari keterangan saksi, klakson masinis memang telah berbunyi. Namun, saksi mengatakan alat penerima sinyal saat kereta datang, juga tak berfungsi.

"Betul (sinyal tidak berfungsi). Masih kami lakukan pemanggilan dari Dishub nanti akan kami dalami lagi," tandas Antara.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed