DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 15:49 WIB

Awali Kunjungan ke Jatim, Sandiaga Uno Ziarah Makam Gombloh

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Awali Kunjungan ke Jatim, Sandiaga Uno Ziarah Makam Gombloh Sandiaga menabur bunga di makam Gombloh (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengawali kedatangannya di Surabaya melakukan ziarah. Sandiaga berziarah ke Tempat Pemakaman Umum Tembok Gede di Jalan Kalibutuh.

Di komplek pemakaman tersebut, Sandiaga menziarahi makam musisi Soedjarwoto Soemarsono alias Gombloh dan pembuat logo NU KH Ridwan Abdullah.

makam Tembok Gede, Sandiaga Uno berziarah didampingi dengan tim pemenangan Prabowo-Sandi. Selain itu keluarga dari alhamarhum Gombloh juga ikut bersama Sandiaga Uno.

"Terima kasih kepada tokoh yang menginspirasi kita, Soedjarwoto Soemarsono, nama bekennya Gombloh," ujar Sandiaga usai Ziarah di makam Gombloh, Minggu (21/10/2018).

Menurut Sandiaga, Gombloh merupakan tokoh pejuang ekonomi kreatif di masanya. Semasa hidup, Gombloh begitu banyak menelurkan karya-karya yang menjadi legenda.

"Salah satunya adalah Indonesia Merah Darahku Putih Tulangku Bersatu dalam semangatmu. Itu lagu yang sangat melegenda," kata Sandiaga yang saat berziarah didampingi keluarga Gombloh.


Sandi menaburkan bunga di makam KH Ridwan AbdullahSandi menaburkan bunga di makam KH Ridwan Abdullah Foto: Deny Prastyo Utomo


Bagi Sandiaga, lagu tersebut sangat membangkitkan semangat masyarakat Indonesia, Khususnya bagi dirinya.

"Bagi kami lagu-lagu tersebut selalu berkumandang dan membangkitkan gelora kita untuk membangun ekonomi kebangsaan, khususnya lapangan pekerjaan dan ekonomi kreatif yang saat ini menjadi segmen yang kita bidik. Lahirnya legenda-legenda lain seperti Pak Gombloh ini masih di bawah 10 persen. Kami ingin mencapai 15-20 persen. Kami ingin lapangan kerja yang seluas-luasnya. Kami akan berjuang untuk ekonomi kreatif," tandasnya.

Sebelum berziarah ke makam Gombloh, Sandiaga Uno juga berziarah di makam pembuat logo NU yakni KH Ridwan Abdullah yang juga berada di komplek TPU Tembok Gede.

Sandiaga membacakan Al Fatihah yang ditujukan kepada almarhum. Dengan mengunakan peci hitam dan memakai pakaian kasual berwarna biru, Sandiaga Uno menaburkan bunga baik di makam Gombloh dan KH Ridwan Abdullah.

Selain ke Surabaya, sandiaga dalam lawatannya ke Jatim juga akan mengunjungi Mojokerto dan Jombang. Di Jatim, Sandiaga berkampanye selama dua hari.


Simak Juga 'Bang Sandi, Kok Lebih Rajin Kampanye Dibanding Prabowo?':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed