Masa Kampanye, Laba Percetakan di Pasuruan Tembus Rp 150 Juta

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 19 Okt 2018 08:32 WIB
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Masa kampanye pemilu 2019 menjadi berkah tersendiri bagi para pengusaha percetakan di Pasuruan. Para calon legislatif memesan alat peraga kampanye dalam jumlah besar.

Diakui pemilik salah satu digital printing yang ada di Plaza Bangil, Kabupaten Pasuruan, Muslimin, pemesanan sudah mulai meningkat sejak awal bulan Oktober.

"Sejak awal Oktober mulai ramai. Para caleg DPRD Kota, Kabupaten, Provinsi hingga ada caleg nasional," kata Muslimin, pemilik Muslim Digital Printing di tempat usahanya kepada detikcom, Jumat (19/10/2108).


Muslimin menambahkan, pesanannya pun beragam. "Setiap caleg pesan paketan, banner, baliho, spanduk, hingga contoh surat suara," terang Muslimin.

Dampak masa kampanye pada usaha percetakannya juga diakui Muslimin sangat signifikan. Sebab setiap caleg bisa menghabiskan dana Rp 10 juta hingga ratusan juta rupiah untuk mencetak berbagai keperluan kampanye tersebut.

Untuk itu ketika ditanya omzet, Muslimin memperkirakan bisa meraup keuntungan hingga Rp 150 juta dalam sebulan sebab bulan Oktober memang sedang ramai masa kampanye.

Muslimin menambahkan, para pemesan diperkirakan akan terus meningkat, terutama pada awal tahun.

"Ini sudah 20-an caleg yang pesan. Bulan depan bisa lebih banyak," terangnya.


Salah satu caleg DPRD Kabupaten Pasuruan, M Sudiono Fauzan, yang tengah memesan alat peraga kampanye mengatakan ia membutuhkan banner, spanduk, stiker untuk menyosialisasikan pencalonannya.

"Kebetulan saya juga pesan untuk istri saya yang nyaleg DPRD Jatim," terang Sekretaris PKB Kabupaten Pasuruan ini.


Saksikan juga video 'Masa Kampanye, Pengusaha Percetakan di Pasuruan Raup Untung':

[Gambas:Video 20detik]

(lll/lll)