DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 20:57 WIB

Mortir Peninggalan Perang Dunia II Kembali Ditemukan di Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Mortir Peninggalan Perang Dunia II Kembali Ditemukan di Bojonegoro Foto: Istimewa
Bojonegoro - Lagi, warga Bojonegoro menemukan sebuah bahan peledak berupa mortir di pinggir Bengawan Solo. Mortir ini berbentuk bulat dengan berat mencapai 10 kg.

Mortir tersebut ditemukan Aryanto (53), warga Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro saat tengah menyandarkan perahu kayunya di pinggir sungai.

"Ini tadi pas minggirkan perahu kok ada besi bulat gitu kayak bola tapi udah berkarat. Khawatir terjadi sesuatu saya lapor perangkat dan akhirnya pak polisi nyampe sini ini," ujar Aryanto kepada detikcom, Kamis (18/10/2018).


Petugas dari Polsek Trucuk dan Polres Bojonegoro yang tiba di lokasi langsung memasang garis polisi agar masyarakat tidak mendekat.

Setelah ramai didatangi warga, tersiar kabar bahwa mortir itu sudah hampir sepekan tergeletak di lokasi, namun baru diketemukan oleh Aryanto.

Lagi, Ditemukan Mortir Peninggalan Perang Dunia II di BojonegoroFoto: Istimewa

Mortir tersebut kemudian diamankan dan dibawa ke Mapolres Bojonegoro.

"Benda yang diduga mortir tersebut sudah kita amankan dan dibawa ke Mapolres Bojonegoro untuk penanganan lebih lanjut," tegas Kapolres Bojonegoro Ary Fadli yang memimpin langsung operasi pengamanan mortir ini.


Mortir yang diduga peninggalan Perang Dunia ke-2 itu awalnya terkubur di dalam sungai. Namun karena musim kemarau, diduga benda tersebut akhirnya muncul ke permukaan. Hal ini diperkuat dengan testimoni warga yang beberapa kali menemukan bahan peledak di sekitaran Bengawan Solo.

Menyikapi kejadian ini, Ary juga mengimbau kepada masyarakat bila mengetahui atau menemukan benda-benda yang diduga sebagai mortir, granat, peluru tajam, amunisi dan bahan peledak lainnya, agar melapor ke polisi.

"Kami harap masyarakat yang mengetahui atau menemukan benda-benda yang diduga amunisi atau bahan peledak agar melapor ke polsek terdekat," pesannya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed