DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 17:09 WIB

Berlomba dengan Hujan, Peninggian Tanggul Penahan Lumpur Dikebut

Suparno - detikNews
Berlomba dengan Hujan, Peninggian Tanggul Penahan Lumpur Dikebut Foto: Suparno
Sidoarjo - Pusat Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (PPLS) mempercepat proses peninggian tanggul penahanan lumpur Sidoarjo yang ambles. Proses dipercepat karena kekhawatiran turunnya hujan.

Proses peninggian tanggul penahan lumpur ini sebelumnya ditargetkan satu bulan selesai. Namun mengingat mendekati musim hujan, proses peninggian tanggul yang ambles dipercepat.

"Alhamdulillah sebelum satu bulan peninggian tanggul akan selesai," kata Hengky Listria Adi Humas PPLS saat dihubungi detikcom, Selasa (16/10/2018).


Hengky mengatakan tanggul yang ambles tersebut sepanjang 100 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter. Proses pelaksanaan peninggian setiap harinya dilakukan dengan menumpuk sirtu dari 100-150 dump truk. Alat berat yang dilibatkan adalah dua ekskavator, satu unit bulldozer, satu unit Vibro, serta Excaphonton.

"Menempatkan juga satu unit Excaphonton untuk mengalihkan alur semburan" tambah Hengky.


Hengky menjelaskan selain fokus ke tanggul yang ambles, pihak PPLS juga mengantisipasi genangan air hujan di ruas jalan raya Porong lama. Caranya adalah dengan membuat penampungan air di sisi barat jalan raya. Dan menyiapkan 11 pompa air yang ditempatkan di entrance dan exit tol Porong serta titik 71.

"Untuk mencegah terjadinya genangan air hujan di jalan raya Porong lama, PPLS menyiapkan 11 pompa, 4 pompa di entrance dan 4 pompa di exit tol Porong serta 3 pompa di titik 71 Desa Ketapang Tanggulangin, ini semua ready," jelas hengky.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed