DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 12:36 WIB

Awas! Ada Akun FB Palsu Emil Dardak Minta-minta Sumbangan

Adhar Muttaqin - detikNews
Awas! Ada Akun FB Palsu Emil Dardak Minta-minta Sumbangan Emil saat dimintai keterangan terkait akun palsu yang mengatasnamakan dirinya. (Foto: Adhar Muttaqin)
Trenggalek - Bupati Trenggalek, Emil Elestianto mengaku geram dengan ulah seseorang yang sengaja membuat akun media sosial palsu dengan mengatasnamakan dirinya. Akun ini digunakan untuk aksi penipuan bermodus penggalangan dana.

Akun palsu itu terkuat setelah salah seorang warga mengunggah tangkapan layar percakapan Facebook Messenger melalui grup Facebook Info Seputar Trenggalek (IST). Dalam percakapan tersebut, akun ini mengaku tengah melakukan penggalangan dana untuk yayasan anak yatim piatu dan panti asuhan.


"Saya pastikan itu bukan akun saya. Ada oknum yang mencoba mengambil kesempatan dari nama saya untuk perbuatan yang melanggar hukum. Mohon jangan ditanggapi," kata Emil dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Jumat (12/10/2018).

Awas, Ada Akun Palsu Emil Dardak Minta-minta SumbanganFoto: Adhar Muttaqin

Pihaknya menduga, pesan serupa telah disebarkan secara massal ke berbagai pemilik akun media sosial Facebook Messenger.


Emil mengaku akan mengambil langkah tegas terkait upaya penipuan itu dengan melaporkannya ke pihak kepolisian. Ini dilakukan untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat agar tidak main-main dengan media sosial.

"Apalagi sekarang ini sudah ada undang-undang ITE (Informasi dan Transasksi Elektronik), yang bisa menjerat pelaku penipuan seperti ini," tegasnya.


Saksikan juga video 'Buat Kamu Pemilik Akun Anonim di Medsos, Coba Dengar Ini!':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed