Perbaikan Tanggul Penahan Lumpur Sidoarjo Ditargetkan 1 Bulan

Suparno - detikNews
Rabu, 10 Okt 2018 13:29 WIB
Foto: Suparno
Sidoarjo - Perbaikan dan peninggian tanggul penahan lumpur Sidoarjo yang ambles ditargetkan rampung dalam satu bulan ke depan. Tanggul juga akan dikuatkan untuk meminimalisir adanya kejadian ambles lagi.

"Ya, mudah-mudahan enggak sampai satu bulan bisa selesai," kata Humas PPLS Hengky Listria Adi kepada wartawan di lokasi tanggul di Desa Gempol Sari, Tanggulangin, Sidoarjo, Rabu (10/10/2018).

Hengky mengatakan pihaknya juga akan melakukan pengecekan semua tanggul yang ada di sebelah Utara. Hal itu mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali. Penguatan tanggul tidak hanya dilakukan dari luar saja tetapi juga dari dalam tanggul.


"Pengaliran air yang ada di pond (kolam) ini dengan mengandalkan over flow, kemudian mengarah ke Glagah Arum dilanjutkan ke titik 42 kemudian dipompa ke Kali Porong," jelas Hengky.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji bersama Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Kav Arief Cahyo Widodo melakukan pengecekan tanggul yang ambles..

Himawan meminta PPLS segera menyelesaikan tanggul yang ambles agar tidak menambah keresahan masyarakat terdekat yang terdampak dengan tanggul penahan lumpur.


"Kami mengharapkan PPLS segera mengoptimalkan dan harus punya target yang pasti tentang peninggian tanggul tersebut," kata Himawan.

Himawan menambahkan pihaknya berharap Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Kecamatan Tanggulangin segera memberikan sosialisasi terkait amblesnya tanggul penahan lumpur ini.

"Untuk masyarakat tidak usah resah, karena PPLS mulai melakukan peninggian tangghul yang ambles," tandas Himawan. (iwd/iwd)