detikNews
Selasa 09 Oktober 2018, 13:17 WIB

CCTV Pendeteksi Wajah Sementara Baru Terpasang di Terminal Purabaya

Zaenal Effendi - detikNews
CCTV Pendeteksi Wajah Sementara Baru Terpasang di Terminal Purabaya Foto: Istimewa
Surabaya - Pemkot Surabaya ingin memasang software face pendeteksi wajah di seluruh CCTV yang dimilikinya. Untuk sementara, baru ada 16 CCTV sejenis yang terpasang di Terminal Purabaya.

"Kalau 16 kamera pendeteksi wajah di Terminal Purabaya sudah setahun kita pasang dan sudah digunakan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Surabaya Irvan Wahjudrajat kepada detikcom, Selasa (9/10/2018).

Menurut Irvan, kamera-kamera itu telah dipasang di sejumlah titik strategis. "Mulai pintu masuk, ruang tunggu penumpang, jalur keberangkatan bus, kedatangan bus dan beberapa titik di area terminal," ujar Irvan.


Irvan menjelaskan, keberadaan CCTV pendeteksi wajah di terminal dalam kurun setahun ini terbukti sangat membantu petugas di lapangan, terutama ketika harus mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran yang terjadi.

"Seperti calo bus yang memaksa penumpang itu terdeteksi wajahnya langsung kita berikan sanksi tegas dan wajahnya langsung kita masukkan database sehingga bila melakukan tindakan pelanggaran lagi sangat memudahkan dalam pemberian sanksinya," ungkapnya.

Hanya saja, lanjut Irvan, pihaknya belum bisa mengambil tindakan jika pelanggaran terjadi di dalam bus, meski masih di dalam area terminal, kecuali ada laporan dari penumpang atau korban.


Irvan menegaskan, penggunaan belasan CCTV pendeteksi wajah yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 150 juta itu masih terbatas karena pengelolaannya berada di bawah kewenangan Dinas Perhubungan.

"Kalau kamera pendeteksi wajah di terminal kan hanya sebatas untuk kewenangan Dishub. Kalau yang rencana Bu Wali di jalan untuk keamanan kota maka spesifikasinya tentu lain dan yang paham adalah Kominfo," ujarnya.

Di Kota Surabaya sendiri terdapat 1.200 CCTV yang belum dipasangi software pendeteksi wajah. Sejauh ini fungsi dari CCTV tersebut hanya sebatas untuk memantau kondisi kota, lalu lintas dan membantu proses e-tilang yang saat ini telah diberlakukan di Kota Pahlawan.


Saksikan juga video 'Dinilai Tidak Jujur, Jaksa Putar CCTV Pemeriksaan':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com