Begini Kondisi Rumah Wali Kota Pasuruan Pasca Penetapan Tersangka KPK

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 05 Okt 2018 16:55 WIB
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Rumah pribadi Wali Kota Pasuruan Setiyono di Jalan Margo Utomo I, Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, didatangi belasan orang pasca penetapan tersangka oleh KPK. Mereka yang datang merupakan kerabat, pegawai dan staf Pemkot Pasuruan.

Pantauan detikcom, Jumat (5/10/2108) pukul 15.30 WIB, rumah berwarna coklat tersebut tampak sepi dari depan. Sebuah mobil pribadi Honda Accord hitam terpakir di garasi. Dari balik pagar seorang perempuan terlihat menyirami bunga. Tak lama, perempuan tersebut masuk dan menutup pintu.

Di pintu samping bagian barat, terlihat beberapa orang keluar masuk rumah. Sebuah mobil dinas berplat merah terparkir di depan pintu samping.


Selang 30 menit kemudian, datang lagi sebuah mobil dinas merah. Dari dalam mobil, keluar empat perempuan yang mengaku pegawai pemkot. Tak beberapa lama, sekitar 7 perempuan mengendarai motor juga tiba. Mereka juga mengaku dari pengawai pemkot.

"Kami datang memberi dukungan, terutama ke Ibu (istri Setiyono)," kata seorang perempuan sembari menutup name tag-nya.

Di dalam rumah, juga sudah ada kerabat dan para pegawai perempuan. Saat detikcom meminta izin menemui Rini Widjajati, istri Setiyono, seorang anggota keluarga mengatakan ia sedang istirahat dan belum bisa diwawancarai.


"Maaf ya, ibu sedang istirahat, belum bisa ditemui," kata salah seorang kerabat kepada detikcom.

Perempuan berjilbab hitam tersebut memastikan kondisi istri wali kota sehat. Namun belum bisa memberikan keterangan dengan alasan masih menunggu anggota keluarga lainnya.

"Ibu sehat. Hanya kalau kasih keterangan harus menunggu anggota keluarga yang lain yang sepuh-sepuh. Maaf ya, bukannya menolak," ujar perempuan cantik tersebut dengan ramah.


Menurutnya, pihak keluarga belum mendapat pemberitahuan dari KPK atas status Setiyono. Keluarga juga belum merencanakan untuk menjenguk ke KPK.

"Belum, belum ada rencana. Maaf ya, cukup ya," ujarnya.

Seorang tetangga yang ditemui mengatakan setiap hari rumah pribadi Setiyono sepi. "Memang sering sepi setelah jadi wali kota. Jarang di sini," katanya.




Tonton juga 'Wali Kota Pasuruan Keciduk KPK, Ruang Kerjanya Disegel':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)