Sowan ke Ponpes di Pasuruan, Ma'ruf Amin Dapat Restu Kiai Sepuh

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 28 Sep 2018 20:51 WIB
Foto: Muhajir Arifin
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Cawapres nomor urut 01 KH Makruf Amin berkunjung ke Pondok Pesantren Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Selain bersilaturahmi, Makruf juga meminta doa serta dukungan atas pencalonannya sebagai cawapres Joko Widodo (Jokowi).

Makruf tiba di pesantren tertua di Indonesia ini pukul 17.45 WIB, Jumat (28/8/2018). Begitu tiba, Ma'ruf langsung masuk ke ndalem (rumah tinggal) pengasuh pesantren, KH Nawawi Abdul Jalil. Selain Kiai Nawawi, para kyai lain dari keluarga besar Pesantren Sidogiri juga menyambut.

Makruf kemudian dipersilakan masuk. Makruf dan para kiai Sidogiri menggelar pertemuan tertutup. Pertemuan tertutup berlangsung lebih dari satu jam.


"Saya ke sini dalam rangka silaturahmi, mohon doanya para kiai-kiai sepuh. Saya kan sudah dicalonkan jadi calon wakil presidennya Pak Jokowi. Karena saya dari komunitas ulama, pesantren, dan komunitas santri, maka saya harus pamit daripada para sepuh-sepuh, terutama Kiai Nawawi di sini, Kiai Fuad dan kiai-kiai di sini. Mohon doanya, mohon restunya, tentu saja mohon dukungannya," kata Makruf usai pertemuan.

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut, ia mendapat doa restu dan dukungan dari pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, KH Nawawi Abdul Jalil.

"Oh ya, Alhamdulillah beliau mendukung," ujarnya.


Sementara, ditemui terpisah, KH Nawawi Abdul Jalil menyatakan dukungannya kepada Makruf Amin. "Iya, mendukung," kata salah satu kiai khos Jatim ini, singkat.

Kiai kharismatik ini tak bersedia membeberkan alasan dukungan pada Makruf Amin dalam Pilpres 2019. Ia kembali menegaskan dukungannya pada Makruf Amin saat ditanya pertimbangan apa yang mendasari dukungan tersebut. Setelah itu Kiai Nawawi masuk ke kediamannya.

Pesantren Sidogiri merupakan pesantren tertua di Indonesia. Pesantren yang sudah ada sejak 1745 ini juga memiliki salah satu jaringan santri terbesar di Indonesia. (iwd/iwd)