DetikNews
Kamis 27 September 2018, 07:17 WIB

Hutan di Lereng Pegunungan Argopuro Terbakar

Chud S Widarsha - detikNews
Hutan di Lereng Pegunungan Argopuro Terbakar Pegunungan Argopuro terbakar (Foto: Chuk S Widarsha)
Bondowoso - Kebakaran hutan terjadi di kawasan Perhutani di lereng Pegunungan Argopuro sisi timur. Embusan angin serta situasi dan kondisi malam hari mengakibatkan api tak segera padam.

Belum diketahui berapa luas kawasan yang terbakar. Demikian juga lokasi pasti kebakaran berada di petak berapa dan blok mana. Namun diperkirakan berada di wilayah RPH Curahdami, BKPH Bondowoso.

"Jika dilihat dari kondisinya, lokasinya memang terlihat berat. Karena memiliki kemiringan yang sangat tajam," kata Humas Perhutani KPH Bondowoso, Abdul Gani, saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (27/9/2018) dinihari.


Diimbuhkan Gani, saat ini pihaknya masih mengidentifikasi dan membentuk tim. Sehingga jika sudah memungkinkan tim itu bisa segera menembus lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman .

"Kami juga akan melibatkan masyarakat sekitar kawasan maupun seluruh stake holders untuk ikut terlibat dalam aksi pemadaman kebakaran itu," jelas Abdul Gani.

Pantauan detikcom, kobaran api mulai tampak jelas sejak Rabu (26/9/2018) sore hingga malam. Semakin malam api terlihat makin membesar dan membara. Jika diamati secara seksama dari kobaran apinya, lokasi kebakaran itu memang berada di kemiringan yang sangat terjal.


Tak ayal, kebakaran tersebut sempat menjadi tontonan warga Bondowoso. Sebab, nyala api tampak jelas dari kawasan kota dan sekitarnya. Bahkan kobaran api semakin malam tampak makin membesar. Meski lokasinya terlihat jauh.

Apalagi, embusan angin di sekitar lokasi diperkirakan memang sangat kencang. Sehingga api begitu cepat menjalar dan meluas ke kawasan sekitarnya.

Bukan cuma itu. Beberapa saat kemudian nyala api juga muncul di sejumlah lokasi lainnya. Diperkirakan api susulan itu diakibatkan tiupan angin sehingga menerbangkan api ke lokasi di lainnya.



Saksikan juga video 'Kebakaran Hutan di Italia Diduga Sengaja Dibakar':

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed