DetikNews
Rabu 26 September 2018, 20:14 WIB

Rumah Khotijah Diblokade Seger, Warga: Urusan Air Saja Kok Jadi Perkara

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rumah Khotijah Diblokade Seger, Warga: Urusan Air Saja Kok Jadi Perkara Pagar tembok yang dibangun Seger di depan rumah Khotijah mengundang keprihatinan warga. (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang - Nasib keluarga Siti Khotijah (35) yang rumahnya diblokade dengan pagar tembok oleh Seger (61) mengundang keprihatinan warga setempat.

"Yang salah tetap saja Pak Seger. Lha urusan air saja kok menjadi perkara. Harusnya tak sampai menutup rumah tetangga pakai pagar gitu," kata Watini (47), tetangga dekat Khotijah dan Seger kepada detikcom di rumahnya, Rabu (26/9/2018).


Watini juga menyayangkan perbuatan Seger yang tega memblokade rumah Khotijah dengan membangun pagar setinggi 2 meter. Ia pun meminta Seger bersedia menyelesaikan persoalan dengan cara damai.

"Harusnya Pak Seger itu mawas diri. Orang masih tetangga. Harusnya diselesaikan dengan baik-baik. Karena tetangga itu tiap hari ketemu, bisa diibaratkan sebagai saudara," lanjutnya.


Hal senada dikatakan tetangga Khotijah dan Seger lainnya, Sutrisno (55). Ia mengaku iba kepada keluarga Khotijah yang tak lagi leluasa keluar-masuk rumah setelah Seger memasang blokade berupa pagar tinggi sepanjang 6 meter.

"Saya kasihan dengan Mbak Siti Khotijah. Orang masih tetangga kok jalannya dibuntu, kebangetan," tuturnya.


Baik Watina maupun Sutrisno juga berharap Seger segera membongkar pagar yang menutupi rumah Khotijah. Bagi Sutrisno, segala persoalan seharusnya diselesaikan dengan cara yang bijak, bukan malah menyusahkan tetangga dekat.

"Saya tak suka dengan kelakuan Seger. Saya minta pagar itu dibongkar kalau dia memang tak ikut punya tanah," tandasnya.


Keluarga Khotijah dan Seger memang sudah lama bersengketa soal tanah. Namun sengketa keduanya tiba-tiba makin memanas ketika kakak Khotijah mencuci mobil di depan rumah beberapa waktu lalu. "Airnya mengalir ke sini (depan rumah Khotijah, red). Pak Seger marah-marah karena jalan menuju ke rumahnya becek," ujar Khotijah.

Merasa jalan di depan rumahnya adalah tanah warisan orang tuanya, Khotijah saat itu melawan Seger. Adu mulut antar dua keluarga ini pun pecah. Tak lama berselang, Seger membangun pagar setinggi 2 meter yang menutup rumah Khotijah, Juni lalu.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed