DetikNews
Minggu 23 September 2018, 10:55 WIB

Ini Cara Polisi Lakukan Pengamanan Suran Agung di Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikNews
Ini Cara Polisi Lakukan Pengamanan Suran Agung di Ponorogo Foto: Charoline Pebrianti
Ponorogo - Tradisi Suroan bagi para pesilat digelar di Kota Madiun. Pengamanan dilakukan polisi demi terjaganya keamanan dan ketertiban. Polisi melakukan penyekatan di dua titik, perbatasan antara Ponorogo-Madiun dan Ponorogo-Wonogiri.

"Untuk kegiatan Suran Agung yang dilaksanakan hari ini, kami melakukan pengamanan dengan penyekatan," tutur Kapolres Ponorogo AKBP Radiant kepada detikcom saat ditemui di kantornya, Jalan Bhayangkara, Minggu (23/9/2018).

Radiant menjelaskan nantinya yang bakal berangkat ke Kota Madiun sesuai arahan dari Ketua Umum hanya untuk rayon 5 seperti Nganjuk, Jombang, Madiun, Ngawi, dan Ponorogo.

"Kami amankan agar tidak ada pesilat rayon lain yang ikut," terang dia.


Pihaknya pun bakal melakukan pengamanan untuk para pesilat asal Ponorogo saat ikut perayaan Suran Agung di Madiun. "Jadi kami menyepakati dengan pesilat ada 4 bus yang kami berangkatkan dan amankan baik saat berangkat maupun kembali nanti," papar Radiant.

Penggunaan bus ini, lanjut Radiant, untuk menghindari konvoi kendaraan roda 2 oleh para pesilat. Selain demi keamanan pun juga untuk kenyamanan masyarakat lain saat berlalu lintas. "Kami pun mengerahkan 114 personel gabungan untuk dua titik penyekatan sedangkan saat pengamanan kami mengerahkan 427 personel gabungan untuk pengamanan saat ke Madiun," imbuh Radiant.

Radiant pun menegaskan jika dalam penyekatan ditemukan warga perguruan yang tidak sesuai dengan arahan yang disepakati, maka akan ditindak sesuai dengan kesalahan dalam berkendara dan dikembalikan ke daerah asal.


Sebelumnya, Sabtu (22/9) kemarin polisi melakukan apel pengamanan dengan rute Mako Polres Ponorogo menuju Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Diponegoro, Jalan Gatot Subroto, Jalan A. Yani, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Juanda, Jalan Suprapto, Jalan Sutoyo, Jalan S. Parman, Jalan MT. Haryono dan kembali ke Mako Polres.

"Semoga pelaksanaan kegiatan hari ini berjalan tertib, aman, lancar dan kondusif," pungkas Radiant.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed