DetikNews
Rabu 19 September 2018, 13:07 WIB

Ini Peran 6 Pegawai Puskesmas Porong yang Terciduk Saber Pungli

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ini Peran 6 Pegawai Puskesmas Porong yang Terciduk Saber Pungli Puskesmas Porong (Foto: Suparno/File)
Surabaya - Enam pegawai Puskesmas Porong telah diciduk terkait dana jasa pelayanan (jaspel). Mereka mempunyai peran masing-masing saat melakukan pungli tersebut.

Enam pegawai tersebut terdiri dari seorang dokter dan lima pegawai yang menjadi koordinator. Lima pegawai tersebut berperan mengambil 15% dari dana jaspel milik pegawai puskesmas. Sementara si dokter berperan sebagai penampung atau penadah uang jaspel tersebut.


"Lima ini koordinator yang mengkoordinasikan, jadi ada biaya jasa kesehatan itu yang diambilkan 15% dari jasa yang lainnya, ini menyalahi. Kalau dokter itu menjadi penerima," kata Barung.

Awalnya para pegawai Puskesmas Porong menerima dana jaspel secara langsung atau tunai. sebelum diserahkan, 15% dana jaspel mereka telah dipotong oleh para oknum tersebut. Belakangan dana jaspel langsung dikirim ke masing-masing rekening pegawai.


Meski begitu, pemotongan dana jaspel tetap terjadi. Masing-masing harus menyerahkan 15% dari dana jaspel mereka kepada para oknum setelah uang jaspel ditransfer ke rekening mereka.




Tonton juga 'Diduga Praktik Pungli, PNS di Garut Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed