Viral, Anak Sapi di Jember Terlahir Hanya Berkaki Dua

Yakub Mulyono - detikNews
Rabu, 22 Agu 2018 17:11 WIB
Anak sapi yang lahir tidak sempurna fisiknya (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Seekor anak sapi di Jember lahir dengan kondisi fisik kurang sempurna. Anak sapi milik Haikal (50), warga Dusun Kali Malang, Desa Mayangan, Kecamatan Gumuk Mas itu lahir hanya memiliki dua kaki.

"Lahir Senin kamarin, jantan, hanya memiliki dua kaki di bagian belakang. Bagian depan nggak ada kakinya," kata Haikal, Rabu (22/8/2018).

Menurut Haikal, tidak ada firasat apapun sebelum sapi jenis limusin berwarna coklat itu lahir. Hanya saja, induk sapi terlihat kesulitan ketika hendak melahirkan.

"Senin subuh sudah terlihat tanda-tanda induknya akan melahirkan, tapi baru bisa melahirkan sekitar pukul 2 siang. Jadi prosesnya sekitar 10 jam," ujar Haikal.


Meski lahir cacat, namun sapi tersebut kondisinya sehat. Hewan itu juga bisa menyusu ke induknya.

"Dipegangi agar bisa berdiri kalau mau menyusu ke induknya. Bisa kok," kata Haikal.

Haikal juga mengaku tetap akan memelihara sapi yang masih berusia dua hari itu. Meski dia tahu perawatannya butuh perhatian ekstra.


"Memang butuh perawatan ekstra, tapi tetap akan saya pelihara. Maksud saya, tidak langsung saya jual hanya karena kakinya cuma dua," tandasnya.

Kelahiran sapi milik Haikal ini juga sempat viral di media sosial, utamanya grup WhatsApp (WA). Sejumlah warga pun banyak berdatangan untuk melihat sapi berkaki dua itu.

"Ada beberapa warga yang datang karena penasaran ingin melihat langsung," kata Haikal. (iwd/iwd)