DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 10:07 WIB

Serahkan Sapi Kurban Jokowi, Ini Pesan Pakdhe Karwo dan Khofifah

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Serahkan Sapi Kurban Jokowi, Ini Pesan Pakdhe Karwo dan Khofifah Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gubernur Soekarwo dan Gubernur Terpilih Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan secara simbolis sapi kurban ke Masjid Al-Akbar Surabaya. Pakdhe Karwo juga menyerahkan sapi dari Presiden Jokowi.

"Bismillahirrahmannirrahim, sapi kurban dari Pak Jokowi dengan berat satu ton, saya serahkan ke Masjid agar disampaikan pada fakir miskin," ujar Pakdhe Karwo saat menyerahkan di Masjid Al-Akbar Surabaya, Rabu (22/8/2018).

Usai penyerahan, Pakdhe Karwo berpesan kepada masyarakat agar meneladani sosok Nabi Ibrahim yang ikhlas mengorbankan anaknya, Nabi Ismail.

"Semua itu berkat Nabi Ibrahim, beliau ikhlas semangat berkurban tapi di dalamnya begitu imannya sangat kuat bertaqwa kepada Allah. Ini konsep agar umat kemudiaan ketaqwaan didasari iman kuat," pesannya.


Tak hanya itu, Soekarwo berharap teladan dari Nabi Ibrahim bisa dijadikan konsep pemerintah dalam membangun Jatim lebih makmur. "Konsep pembangunan Jatim makmur, tapi berakhlak mulia. Jadi sama berdasarkan apa yg kita pelajari dari Nabi Ibrahim," tambahnya.

Gubernur Terpilih Jatim Khofifah mengatakan dari momentum kurban ini menjadi bagian dari penguatan kepedulian sosial masyarakat. Tak hanya itu, Khofifah menyampaikan jika momentum kurban bisa mencerminkan kesetaraan. Karena dagingnya tak hanya dibagikan pada komunitas muslim saja, namun juga semua masyarakat yang kurang mampu.

Pakdhe Karwo Serahkan Sapi Jokowi ke Masjid Al-Akbar SurabayaFoto: Hilda Meilisa Rinanda

"Kurban ini kembali akan menjadi bagian dari penguatan kepedulian sosial, bagaimana equality before the law, kesetaraan di hadapan hukum itu bisa tersapa karena pembagian hewan kurban sesungguhnya tidak hanya untuk komunitas muslim tapi dagingnya ini untuk seluruh masyarakat terutama bagi mereka yang berhak mereka yang kurang mampu," imbuh Khofifah.

Khofifah juga memuji konsep di Masjid Al-Akbar Surabaya lantaran masyarakat tidak mengambil langsung daging kurban di sini. Namun akan dibagi pada masyarakat kurang mampu yang sudah didata.


"Dan sesuatu yang baru bahwa di Masjid Al-Akbar ini masyarakat tidak mengambil daging di sini, tapi akan dibagi sesuai dengan peta daerah kurang gizi. Kedua adalah bahwa pemotongannya tidak pada hari H tapi hari pertama tasyrik. Itu akan dijadikan wisata qurban. Kembali ada pembelajaran ada edukasi ada penyerahan kepada masyarakat," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Khofifah juga mengingatkan bagaimana sosok Nabi Ibrahim yang melaksanakan perintah Allah.

"Saya ingin mengingatkan kembali bagaimana sejarah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, pertama bagaimana ketaqwaan Nabi Ibrahim atas perintah Allah," ujar Khofifah.

Sementara itu, usai diserahkan sapi-sapi ini selanjutnya disumbangkan ke beberapa masjid di Surabaya. Seperti Masjid Baitul Hamdi di Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya hingga Masjid Baitul Haq di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed