DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 14:28 WIB

Satpas Polres Kediri Didatangi Mabes Polri, Terkait Pungli?

Andhika Dwi - detikNews
Satpas Polres Kediri Didatangi Mabes Polri, Terkait Pungli? Foto: Andhika Dwi
Kediri - Tim dari Mabes Polri mendatangi Satpas milik Polres Kabupaten Kediri. Kedatangan tim tersebut disebut-sebut untuk memintai keterangan 13 anggota dan perwira Sat Lantas Polres Kediri.

Belasan orang yang dikabarkan dimintai keterangan oleh tim terdiri dari 1 perwira polisi, 12 anggota bintara dan 6 anggota PNS dan Petugas Harian Lepas (PHL) Polres Kediri, serta 1 pegawai Bank.

Namun, upaya detikcom mengkonfirmasi tujuan kedatangan tim tersebut ke Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan belum membuahkan hasil. Kapolres sedang tak ada di kantornya.

Kasubbag Humas Polres Kediri AKP Setijo Budi kepada wartawan juga belum bisa memberikan kepastian adanya pemeriksaan 13 personel di Sat Lantas Polres Kediri.


"Saya tidak bisa membenarkan, karena memang kami tidak mengetahui kepastiannya, bahkan saya tahunya dari media online soal hal itu," ucap Setijo Budi, Senin (20/8/2018).

Informasi yang didapat detikcom, Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan berada di Surabaya. Sedangkan Kasatlantas AKP Fatikh Dedy Setyawan sedang menunaikan ibadah haji.

"Ini kapolres tidak ada di tempat, sedangkan kasatlantas sedang menunaikan haji," imbuh Setijo.

Pengamatan detikcom di Mapolres Kediri, Jalan PB Sudirman, Pare, pelayanan SIM maupun ujian praktek dan teori masih berlangsung seperti biasa di lapangan.


Informasi yang beredar, terjadi OTT oleh Tim Saber Pungli dari Mabes Polri di Sat Lantas Polres Kediri pada Sabtu (18/8). Disebut-sebut ada 13 anggota polisi, 6 PNS-PHL dan 1 orang pegawai bank yang diamankan.

Kabar OTT itu dikaitkan dengan pungli pemohon SIM. Setiap pemohon dikenakan biaya di luar Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang bervatiatif, mulai dari Rp 500-650 ribu/orang.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed