DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 18:09 WIB

Begini Pengakuan Kades yang Biarkan Warganya Bakar Maling Hidup-hidup

M Rofiq - detikNews
Begini Pengakuan Kades yang Biarkan Warganya Bakar Maling Hidup-hidup Foto: M Rofiq
Probolinggo - Peran Kades Tlogosari, Saton yang ikut terlibat aksi main hakim sendiri terhadap Samhadi (40), maling motor yang tewas dibakar hidup-hidup, terungkap.

Hal itu terkuak, setelah menjalani pemeriksaan di Polres Probolinggo. Dari pemeriksaan itu, diketahui jika kades ikut terlibat dan punya andil besar, atas aksi main hakim sendiri.

Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto mengatakan kades turut serta mengarak, memukuli dan membakar Samhadi. Tak hanya itu, Saton juga mengakui jika dirinya yang memberikan izin warganya saat Samhadi akan dibakar.


"Jadi posisi kades di sana, bisa dikatakan ikut mengarahkan aksi main hakim sendiri terjadi, bahkan sampai membakar korban," jelas kasat di kantornya, Selasa (14/8/2018).

Terkait senapan angin laras panjang yang ditenteng kades, jelas kasat, saat terjadi penganiayaan Samhadi. Senapan angin itu digunakan sang kades menakut-nakuti Samhadi, agar tidak melarikan diri.

Aksi main hakim sendiri terjadi di Probolinggo. Seorang warga bernama Samhadi alias Essam (40) dibakar hidup-hidup lantaran kedapatan mencuri motor milik warga.


Warga Desa Andung Sari, Kecamatan Tiris, ini kepergok mencuri motor milik Butran (59), warga Desa Telogosari, Kecamatan Tiris, sekitar pukul 01.00 WIB, Senin (9/7). Kala itu Butran yang sedang tertidur lelap tentu tidak menyadari jika motor bebek warna hitam nopol N 5510 RO digondol maling.

Namun apes bagi si pencuri. Saat digiring keluar halaman rumah, sepeda motor Butran terbentur pagar sehingga menimbulkan suara. Butran pun terbangun dan terkejut melihat motornya nyaris dibawa kabur pencuri.

Sontak Butran berteriak maling dan warga yang sedang melaksanakan ronda malam lari ke arah rumah Butran, mencoba mengepung si pelaku. Bahkan begitu tertangkap, tubuh pelaku diseret sejauh 500 meter.


Oleh warga, pelaku kemudian dihajar menggunakan kayu dan batu, serta diarak ke tengah jalan Desa Tlogosari. Namun pada akhirnya pelaku tersebut juga dibakar hidup-hidup oleh warga.

Pada akhirnya polisi mengamankan 7 orang pelaku pembakaran. Ketujuh warga Desa Tlogosari, Kecamatan Tiris tersebut ditangkap di rumah masing-masing tanpa perlawanan. Kades Tlogosari Saton, turut menghuni sel tahanan Polres Probolinggo.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed