Penghafal Alquran Cilik Juga Bisa Makan Bakso Gratis, Ini Syaratnya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 10:29 WIB
Anak-anak hafal surat bisa dapat bonus pentol dari Sayful. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Tak hanya orang dewasa, penjual bakso di Surabaya yang menggratiskan dagangannya untuk penghafal Alquran juga mengapresiasi para penghafal cilik.

Semisal bila ada anak yang hanya hafal beberapa surat saja, namun cara membacanya benar, ia akan memberikan satu tambahan pentol.

"Sudah ada 5 orang yang hafal Al Quran, tapi kalau ada anak kecil kecil yang hafal 1 surat anak TK atau anak SD kalau satu surat ya saya kasih pentol," kata Sayful Bakrie saat berbincang dengan detikcom, Selasa (31/7/2018).


Pria yang sudah berjualan bakso selama 1,5 bulan ini mengaku pernah menemui seorang anak yang pernah menuntut ilmu di pondok pesantren dan datang kepadanya karena ingin makan bakso tetapi tak punya uang.

"Kemarin ada anak dari Bojonegoro katanya pernah mondok, kepingin bakso, tapi nggak punya uang. Tapi dia hafal Al Waqiah. Kalau tajwid sama makhrajnya bener, walaupun cuma hafal Surat Al Waqiah aja saya kasih," urainya.

Bagi Sayful, memberikan apresiasi kepada para penghafal Alquran cilik ini bisa memacu semangat mereka untuk semakin banyak menghafal. Apalagi ia sendiri pernah merasakan sulitnya menghafal Alquran.

"Saya sudah mengalami betapa sulitnya orang yang menghafal Al Quran. Makanya jika ada orang yang mau menghafal Al Quran saya hargai, saya hormati. Kesinilah saya kasih bakso sepuasnya," tawarnya.


Ingin mampir ke gerobak bakso Sayful? Pria Gresik ini berjualan di depan Masjid Al Ikhlas, area Terminal Purabaya, Sidoarjo tiap pukul 10.00 atau 11.00 WIB hingga bada Isya.

Namun kadangkala bakso Sayful habis lebih cepat dari biasanya. Mengapa demikian?

"Jadi waktu itu pernah ada anak hafal Al Quran, saya kasih 10 pentol, lalu saya tanya dia salah satu surat, dia hafal ternyata, saya tambahlah lima pentol. Tapi setelah itu, bakso saya yang biasanya habisnya Isya, itu masih sore sudah habis," kisahnya.

Menurut Sayful, itu adalah berkah tersembunyi dari sedekah yang dilakukannya dengan memberikan bakso gratis kepada para penghafal Alquran. (lll/lll)