Bus Tingkat Khusus Mahasiswa Diujicoba, Ini Kendala yang Ditemukan

Zaenal Effendi - detikNews
Senin, 30 Jul 2018 14:04 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Dinas Perhubungan Kota Surabaya mulai mencoba jalur yang akan dilalui bus tingkat atau double deck bantuan dari Bank Mayapada. Bus ini sedianya akan dipergunakan sebagai angkutan mahasiswa yang menuntut ilmu di Kota Surabaya.

Ujicoba bus digelar Minggu (29/7/2018) malam. Dari hasil ujicoba tersebut, Dishub menemukan sejumlah aspek yang bisa menghambat pengoperasian bus berwarna kuning tersebut.

Beberapa aspek yang dimaksud antara lain perampingan ranting serta utilitas yang ada di jalan, termasuk penambahan rambu dan titik perhentian bis yang belum terbebas dari parkir kendaraan.


"Ada beberapa kabel utilitas, perampingan ranting yang perlu penyesuaian serta penempatan rambu stop bus dan halte agar terbebas dari parkir kendaraan," kata Kepala Dishub Kota Surabaya Irvan Wahjudrajat kepada detikcom, Senin (30/7/2018).

Dari catatan yang diperoleh Dishub itu maka pihaknya akan melakukan tindak lanjut agar dapat memaksimalkan operasional bus.

"Dengan kondisi bus yang tinggi dan panjang, makanya terus kami lakukan evaluasi agar tidak menimbulkan problem saat operasional," lanjutnya.

Sedangkan untuk rute, bus tingkat tersebut memulai perjalanannya dari Park and Ride Mayjen Sungkono-Adityawarman-Darmo-Urip Sumoharjo-Basuki Rahmat-Embong Malang-Blauran-Bubutan.


Irvan menambahkan, rencananya bus ini akan mulai dioperasikan mulai bulan Agustus mendatang.

"Kita lagi konekkan dan maunya disitu. Bus ini memang umum tapi lebih dikonekkan ke tiga perguruan tinggi besar untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Kan sayang, tinggal memetik hasil selama kuliah tiba-tiba kecelakaan," terang Wali Kota Tri Rismaharini usai menerima dua bus tingkat dari Datuk Sri Tahir di Balai Kota, Kamis (12/7/2018) lalu.

Untuk itu rute yang diajukan untuk bus ini adalah jalur yang menghubungkan antara tiga kampus besar, yaitu Kampus C Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Negeri Surabaya kampus Lidah Kulon. (ze/lll)