Salut, Bapak ini Naik Sepeda Cilacap-Ponorogo Demi Wisuda Putrinya

Charolin Pebrianti - detikNews
Kamis, 26 Jul 2018 17:25 WIB
Muhammad Juni ketika sampai di Pondok Modern Gontor. (Foto: Charolin Pebrianti)
Ponorogo - Demi menghadiri wisuda sang putri, Muhammad Juni (54) rela bersepeda dari Cilacap ke Ponorogo. Sepeda yang dipakai pun bukan yang kekinian tetapi 'sepeda onthel'.

Warga Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah ini mengaku harus menempuh jarak sejauh 450 km untuk bisa sampai Pondok Modern Darussalam Gontor di mana sang buah hati menuntut ilmu.

Jarak itu ditempuhnya selama tiga hari. Itu berarti dalam sehari bapak dua anak itu mampu menempuh jarak 150 km dengan bersepeda.

"Awalnya saya mau menempuh jarak 100 km per hari, tapi karena waktunya mepet saya harus menempuh 150 km per hari," terangnya saat berbincang dengan detikcom, Kamis (26/7/2018).


Menariknya, selama perjalanan, pria kelahiran Pati, Jawa Tengah itu mengaku tak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk makan. Sebab kisahnya bersepeda ke Ponorogo telah viral di media sosial, terutama di grup Kosti (Komunitas Sepeda Tua Indonesia).

Rata-rata mereka kagum dengan perjuangan Juni demi bisa menghadiri wisuda putrinya yang memang dilangsungkan pada hari ini, Kamis (26/7/2018).

"Banyak orang baik juga terutama anggota komunitas, ketika saya berhenti untuk beristirahat mereka menyediakan tempat dan makan untuk saya," ungkapnya.


Ada pesan khusus yang ingin disampaikan Juni lewat aksinya naik sepeda onthel Cilacap-Ponorogo. "Kalau yang lain kan naik sepeda motor wajar, naik mobil saya nggak punya. Nah, momentum kali ini saya ingin menunjukkan ke anak saya meski berat kalau kita telaten dan sabar pasti hasilnya nanti akan bagus. Anak saya dulu pernah minta keluar dari Pondok, tapi saya larang. Untungnya nurut dan berhasil lulus sekarang," ujarnya.

Sesampainya di Gontor, ia pun disambut haru oleh para santri. Bahkan tak jarang para santri meminta swafoto dengannya.

"Meski lelah, tapi saya bahagia bisa menghadiri wisuda anak saya disini," tuturnya. (lll/lll)