DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 14:29 WIB

Anak Difabel yang Terganjal Surat Mutasi: Saif Ingin Sekolah

Ardian Fanani - detikNews
Anak Difabel yang Terganjal Surat Mutasi: Saif Ingin Sekolah Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Mohammad Saifani Aszad (14), anak berkebutuhan khusus yang tak bisa sekolah karena terganjal surat mutasi, memiliki semangat belajar yang tinggi.

"Saif ingin sekolah," ujarnya terbata kepada detikcom, Kamis (19/7/2018).

Meski memiliki keterbatasan fisik, Saif memahami persoalan apa yang tengah dihadapi olehnya maupun kedua orang tuanya. Ia tak bisa melanjutkan sekolah karena terganjal surat mutasi dari sekolahnya terdahulu, Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) C Banyuwangi.


Namun ia hanya bisa pasrah dengan keadaan. Pada akhirnya keinginannya untuk bersekolah itu dituangkan Saif di tablet miliknya.

detikcom sempat membaca beberapa tulisan Saif di tablet. Ada sekitar 10 tulisan yang menunjukkan keinginannya melanjutkan sekolah.

Salah satu tulisannya diberi judul Cerita Saif.

"Cerita saif. Aku punyak keluarga. Keluargaku itu baik. Namanya kusmawati itu adalah ibu, ony itu adalah ayahku, rozaq itu adalah adekku. saif itu adalah kakak, itulah aku. itulah nama-nama keluarga aku. Aku hari ini tidak sekolah soalnya surat mutasi tidak ada aku sekarang sekolah Di rumah guru ku adek ibu & Ayah aku enak saif minta tidur iya boleh, ayah minta tidur boleh Ayah? Kata ayah boleh. nak aku di rumah selalu belajar, belajar di ruma itu enak aku bisa."


Ayah Saif, Fony Istanto mengaku tulisan tersebut dibuat oleh putra sulungnya itu selama tidak bersekolah dua tahun terakhir.

"Saya sebenarnya ingin nangis melihat Saif tidak sekolah. Tapi bagaimana lagi kami mengadu kemana? Anak ini pintar sebenarnya. Saya ingin anak ini sekolah itu saja," harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Saif sudah tidak bersekolah dua tahun belakangan karena terganjal surat mutasi dari Sekolah Dasar Luar Biasa (SD LB) C Banyuwangi. Lembaga sekolah pun tidak memberikan alasan jelas terkait dengan tidak dikeluarkannya surat mutasi tersebut.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed