DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 10:21 WIB

Miris, Meroketnya Harga Telur Tak Dinikmati Peternak di Magetan

Sugeng Harianto - detikNews
Miris, Meroketnya Harga Telur Tak Dinikmati Peternak di Magetan Dalam empat hari terakhir, telur hasil ternak Heru menumpuk hingga 8 kuintal. (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan - Kenaikan harga telur ternyata tak membuat peternak ayam petelur di Magetan tersenyum bahagia.

"Siapa bilang peternak menikmati keuntungan. Malah sebaliknya ini omset menurun. Barang belum bisa keluar, sepi pembeli," ujar peternak ayam petelur Heru (45) warga RT 2 RW 1 Desa Kiringan, Kecamatan Takeran, Magetan kepada detikcom, Rabu (18/7/2018).

Akibat kenaikan harga telur yang signifikan, lanjut Heru, stok telur-telurnya menumpuk karena tidak ada pedagang yang mengambil. Penumpukan tersebut sudah terjadi sejak empat hari terakhir.


"Ini sudah empat hari menumpuk. Telur saya belum keluar karena pedagang yang biasanya mengambil kesini katanya sepi pembeli," ungkapnya.

Harga Telur Meroket Tak Dinikmati Peternak di MagetanDari 5.000 ayam yang diternaknya, Heru dapat menghasilkan sekitar 2 kuintal telur. (Foto: Sugeng Harianto)

Padahal menurut Heru, dari 5 ribu ayam yang diternaknya, ia dapat menghasilkan sekitar dua kuintal telur. Untuk itu, saat telur dari hasil peternakan Heru yang menumpuk mencapai 8 kuintal.


Namun dari kondisi tersebut, Heru dapat menyimpulkan bahwa kenaikan harga telur dipicu oleh ketiadaan barang.

"Penyebab kenaikan harga kalau menurut saya karena tidak ada barang di sebagian daerah atau stok menurun tapi imbasnya ke peternak seperti saya ini," tambahnya.

Heru mengaku meski telurnya saat ini dihargai Rp 21 ribu per kg dari kandang, namun mengingat perputaran telur yang tersendat, maka ia lebih memilih mematok dengan harga normal yaitu berkisar antara Rp 14 ribu hingga Rp 17 ribu.

"Saya memilih harga normal tapi barang cepat keluar dari gudang. Ini harga naik tapi telur saya menumpuk kan percuma mas. Pedagang saya juga mengeluh," keluhnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed