DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 22:09 WIB

PDIP Jatim Targetkan Suara Penuh, Tak Tergantung Jokowi Effect

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
PDIP Jatim Targetkan Suara Penuh, Tak Tergantung Jokowi Effect Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - PDIP Jatim menargetkan meraup suara tinggi di Pemilihan Legislatif 2019 ini. Namun saat ditanya apakah suara ini bisa didulang melalui Jokowi Effect atau tidak, Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi mengatakan pihaknya tak ingin berandai-andai dengan adanya efek dari Jokowi. Tetapi dia tetap mendorong kadernya untuk selalu kerja keras guna mendapat suara tinggi.

"Kami tidak berandai-andai bahwa apakah ada Jokowi effect, atau apakah tidak ada Jokowi effect. Kami tidak bisa kemudian berharap, tapi yang harus kami lakukan adalah bekerja," ujar Kusnadi usai mendaftarkan bacalegnya di KPUD Jatim Jalan Tenggilis Surabaya, Selasa (17/7/2018).

Menurut Kusnadi, Jokowi effect bisa bersifat positif dan negatif. Karena Kusnadi percaya, jika pada pencalonan Jokowi di saat Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 mendatang juga ada PDIP effect yang memengaruhi perolehan suara Jokowi.


"Karena biar bagaimanapun Jokowi Effect itu bisa bersifat positif tapi juga bisa berdampak negatif, kan begitu toh. Kami juga percaya bahwa bukan hanya Jokowi effect tapi PDIP effect juga mempengaruhi Jokowi," imbuh Kusnadi.

Untuk itu, Kusnadi mengatakan pihaknya tak ingin berandai-andai. Namun lebih kepada bekerja keras untuk mendekatkan diri kepada konstituen guna meraup suara 20% di pileg ini.

"Jadi ini tidak hanya satu sisi tapi keduanya juga bisa saling mempengaruhi, maka kita jangan berandai-andai, kita tidak berangan-angan yang penting bahwa kita bekerja mendekatkan diri kita kepada konstituen," tambahnya.


Kusnadi menekankan, pihaknya tak ingin bergantung pada nama besar Jokowi sebagai presiden.

"Jadi kami tidak akan bergantung, kalau kami bergantung akan mati kita," ungkapnya sembari tertawa.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed