DetikNews
Jumat 13 Juli 2018, 09:39 WIB

Sehari, Kebakaran di Kota Surabaya Terjadi di Empat Titik

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Sehari, Kebakaran di Kota Surabaya Terjadi di Empat Titik Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Dalam sehari, empat kali terjadi kebakaran beruntun di wilayah Kota Surabaya. Pemkot Surabaya pun mengimbau seluruh lapisan masyarakat baik swasta dan pemerintah untuk wasapada.

"Saya mengimbau seluruh lapisan masyarakat baik itu swasta maupun pemerintah untuk melakukan rechecking (Meneliti) berlapis kelistrikannya. Kalau itu warga, berarti di rumah, kalau itu swasta dan pemerintah berarti kelistrikan gedungnya agar dicek berkali-kali," kata Plt Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya Irvan Widyanto kepada detikcom, Jumat (13/7/2018).

Irvan menambahkan saat musim kemarau, warga maupun instansi pemerintahan dan swasta agar menunjuk salah satu orang yang ahli di bidang kelistrikan untuk melakukan pengecekan listrik.

"Mengingat ini sudah memasuki musim kemarau, agar menunjuk orang atau siapapun yang paham tentang kelistrikan. Ini untuk melakukan pengecekan di rumah maupun di gedung-gedung. Karena memasuki musim kemarau intensitas kebakaran cukup tinggi," tambahnya.

Selain itu, Irvan juga mengingatkan bagi warga yang memiliki lahan lebih dari 1 hektar sering melakukan pembersihan.

"Saat musim kemarau cuaca begitu terik, itu artinya mudah memicu kebakaran alang-alang," ungkap Irvan.

Yang lebih penting lagi, jelas Irvan, semua elemen masyarakat tidak melakukan pembakaran sampah di sembarang tempat. Sebab kegiatan tersebut melanggar perda Kota Surabaya.

"Sesuai dengan perda no 2 tahun 2014 bahwa pembakaran sampah di sembarang tempat itu dilarang. Jika siapapun nanti kedapatan melakukan pembakaran sampah akan kita tindak tegas sesuai dengan peraturan berlaku," tandas Irvan.

Sementara itu informasi yang dihimpun, dalam sehari, Kamis (12/7) ada empat peristiwa kebakaran. Pertama, pagi pukul 06.30 WIB terjadi kebakaran di sebuah gudang kawasan Asemrowo. Kedua, pukul 06.10 WIB kebakaran lahan kosong dengan objek alang-alang di Komplek Perumahan TNI AL Jalan Medokan Sempir.

Dan ketiga, kebakaran terjadi di perpustakaan Jurusan Tehnik Informatika Unesa dengan obyek AC pukul 06.30 WIB. Dan pukul 11.45 WIB, sebuah minimarket di Jalan Dukuh Kupang terbakar diduga korsleting listrik.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed