DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 15:19 WIB

Bus Tingkat Baru Surabaya Siap Jadi Alternatif Transportasi Mahasiswa

Zaenal Effendi - detikNews
Bus Tingkat Baru Surabaya Siap Jadi Alternatif Transportasi Mahasiswa Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Hari ini Pemkot Surabaya menerima CSR dari Bank Mayapada berupa dua bus tingkat. Bus ini sedianya akan menjadi moda transportasi pilihan untuk mahasiswa di Surabaya.

Dijelaskan Wali Kota Tri Rismaharini, bus ini akan beroperasi secara umum. Akan tetapi rute dan penumpang ini akan lebih banyak menyasar pada para mahasiswa.

"Kita lagi konekkan dan maunya disitu. Bus ini memang umum tapi lebih dikonekkan ke tiga perguruan tinggi besar untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Kan sayang, tinggal memetik hasil selama kuliah tiba-tiba kecelakaan," terangnya kepada wartawan usai menerima dua bus tingkat dari Datuk Sri Tahir di Balai Kota, Kamis (12/7/2018).

Untuk itu rute yang diajukan untuk bus ini adalah jalur yang menghubungkan antara tiga kampus besar, yaitu Kampus C Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Negeri Surabaya kampus Lidah Kulon.


Hal ini juga diamini Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Surabaya, Irvan Wahyu Drajad. Bus itu melayani rute barat-timur dengan jarak kurang lebih 31 km.

Namun sebelum itu, Dinas Perhubungan akan tetap melakukan evaluasi terhadap tersebut dengan memecah jalur.

"Bila terlalu panjang akan dipecah dua, dari Unesa ke Joyoboyo - Joyoboyo ke ITS," jelasnya.

Bus berkapasitas 71 penumpang itu, lanjut Irvan, akan segera dioperasikan mulai bulan Agustus mendatang, didahului dengan uji coba rute dan sosialisasi pengoperasiannya.

"Rencana bulan Agustus kami operasionalkan," imbuh Irvan.


Irvan menambahkan, karena bus tingkat ini berplat merah maka setiap penumpang takkan dikenakan biaya. Cukup membayar dengan sampah plastik sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat untuk mengurangi bahaya polusi sampah plastik di Surabaya.

"Sistemnya tidak jauh berbeda dengan Bus Suroboyo," ungkapnya.

Dengan penambahan dua armada bus baru, Pemkot Surabaya kini memiliki 16 bus dengan rincian 10 bus low deck (Bus Suroboyo) dan 4 bus sekolah. "Ini dilakukan untuk menurunkan angka kecelakaan dan mengurangi kemacetan," tutupnya.
(ze/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed