detikNews
Rabu 11 Juli 2018, 16:35 WIB

Buaya Pon-pon Ternyata Nakal, Pernah 4 Kali Kabur dari Kandang

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Buaya Pon-pon Ternyata Nakal, Pernah 4 Kali Kabur dari Kandang Pon-pon (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Gresik - Selama lima tahun dipelihara Andiyas, buaya Pon-pon pernah membuat masalah. Pon-pon pernah lepas dari kolam dan kandangnya. Tidak hanya sekali, tapi hingga empat kali.

"Sejak lima tahun saya pelihara sudah empat kali lepas dari kolam yang saya buat di belakang rumah," kata Andiyas kepada detikcom, Selasa(11/7/2018).

Andiyas mengakui jika Pon-pon kerap lepas ketika usianya mulai beranjak dewasa. Buaya muara berjenis kelamin betina ini sempat merepotkan Andiyas akibat lepas hampir lebih 1 kilometer dari rumahnya.

"Terakhir yang membuat saya resah adalah terakhir kemarin sebelum saya serahkan ke BKSDA Jatim. Pon-pon lepas hingga ke utara kampung," ungkap pria 55 tahun itu.

"Pernah juga lepas menerobos pagar kandang dan hendak menaiki tembok setinggi satu meter. Namun saya giring, mau masuk ke kandang," ungkap Andiyas.


Pon-ponPon-pon Foto: Deni Prastyo Utomo

Lepasnya Pon-pon juga pernah membuat Andiyas bermalam di sebuah tambak di dekat rumahnya. Lantaran khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena permukiman di Kelurahan Lumpur merupakan permukiman padat penduduk.

"Saya juga pernah menunggu Pon-pon yang lepas mulai pukul 10 malam hingga pukul 7 pagi. Pagi itu akhirnya dia muncul dan saya tangkap pakai perangkap ikat tali," ujar bapak enam anak tersebut.

Candra Masyaf (25) putra Andiyas juga mengakui jika Pon-pon sempat membuat ayahnya ketar-ketir saat lepas begitu jauh.

"Pernah lepas jauh. Tapi berhasil ditangkap, kemudian kami berinisiatif untuk menyerahkan ke pihak terkait," kaya Candra.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed