DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 15:10 WIB

Poskamling Zaman Now, Warga Ronda Bareng Pakai Android

Suparno - detikNews
Poskamling Zaman Now, Warga Ronda Bareng Pakai Android Poskamling yang terhubung dengan sistem Android di Sidoarjo. (Foto: Istimewa)
Sidoarjo - Keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu peran poskamling selalu dirasa relevan. Bahkan kini poskamling juga telah dilengkapi sistem Android untuk memudahkan masyarakat memantau keamanan.

Inilah yang ditemukan di RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo. Warga kampung ini membuat inovasi dengan menerapkan sistem Android sederhana dalam memantau keamanan lingkungan yang diberi nama Sistem Keamanan Warga (SIKARA).

Edi Priyanto, Ketua RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan mengatakan, warganya telah menyadari sepenuhnya bahwa keamanan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, bukan menyerahkan kepada petugas keamanan.

"Kegiatan ronda siskamling kami galakkan bukan sekedar jaga namun dijadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antarwarga, sehingga hubungan semakin erat. Warga juga akan saling menjaga," terang Edi kepada detikcom, Rabu (11/7/2018).


Menurut Edi, upaya ini juga sangat efektif untuk mendeteksi adanya bibit-bibit terorisme atau mencegah tindak kriminal lain, termasuk peredaran narkoba.

Lantas bagaimana cara kerjanya sistem ini? Edi memaparkan, setiap warga mengunduh aplikasi SIKARA ini di ponsel masing-masing. Di aplikasi ini terdapat 'panic button'.

"Ketika warga mencurigai adanya penyusupan, pencurian, perampokan; warga sakit mendadak; warga meninggal dunia; atau terjadi insiden selanjutnya warga akan memberitahukan warga lain dengan pencet tombol 'Panic Button' pada menu SIKARA," papar Edi.


Secara otomatis, hal ini akan memicu alarm berbunyi di seluruh ponsel warga. Alarm ini disertai notifikasi berupa nama warga, alamat dan lokasi di mana ia menekan tombol.

"Alarm yang berbunyi dikirimkan melalui sinyal Bluetooth ke amplifier dan terhubung ke speaker yang berada di lingkungan RT 23. Warga segera mendatangi lokasi atau mengejar pelaku sesuai pantauan CCTV," tambah Edi.

Warga juga bisa langsung melihat pantauan CCTV dari ponsel masing-masing untuk mengetahui apabila ada orang atau kegiatan yang patut dicurigai. Menurut pengakuan Edi, total ada 8 CCTV yang dipasang di seluruh wilayah RT dengan dana swadaya dari warga.


Edi pun mengungkapkan kebanggaannya karena inovasi tersebut mendapatkan penghargaan dari Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji. Penghargaan tersebut disampaikan pada peringatan HUT Bhayangkara ke-72 di Polresta Sidoarjo, Rabu (11/7/2018).

Polresta Sidoarjo pun menyampaikan apresiasi tinggi terhadap adanya poskamling tersebut. "Poskamling yang dilengkapi kamera CCTV itu sangat membantu untuk meminimalisir tindak kriminalitas," tutur Kasubag Humas Polresta Sidoarjo, AKP Suwarto saat dihubungi detikcom via telepon seluler.

Suwarto pun berharap inovasi itu bisa ditiru oleh daerah lain. "Alangkah baiknya poskamling yang menggunakan inovasi Android dan ada beberapa kamera CCTV itu bisa ditiru di lingkungan daerah lain," pesannya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed