Sidak Mal Pelayanan Publik, Risma Temukan Antrean e-KTP Masih Mengular

Zaenal Effendi - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 18:38 WIB
Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Wali Kota Tri Rismaharini kembali melakukan sidak di Mal Pelayanan Publik Kota Surabaya karena masih banyak antrean warga yang melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP.

Padahal, beberapa alat rekam dan cetak e-KTP di 3 kecamatan sudah dibawa ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya.

"Harusnya orang yang urus baru tidak perlu menunggu. Coba lewat cek NIK (Nomor Induk Kependudukan) bisa diketahui datanya," kata Risma kepada petugas IT Dispendukcapil di Mal Pelayanan Publik, Selasa (10/7/2018).


Di sela mengarahkan petugas IT Dispendukcapil, Risma juga sempat melihat warga yang mengintip di pintu otomatis dan minta petugas Linmas yang jaga dipintu untuk menanyakan keperluannya.

"Itu bapak yang di pintu jangan boleh intip-intip. Kalau seperti itu pintu otomatis tidak bisa tertutup. Kasihan orang di dalam kepanasan," ujar Risma.

Risma mengaku sengaja mendatangi Mal Pelayanan Publik karena memantau CCTV. Dari pantauan tersebut terlihat Mal Pelayanan Publik dipadati warga. "Aku lihat di CCTV antreannya kok seperti itu," katanya singkat.


Wali Kota perempuan pertama di Surabaya sempat menggunakan pengeras suara pada warga yang antre agar pindah ke loket untuk hindari penumpukan atau antrean.

"Bapak ibu yang sudah melakukan perekaman atau tinggal cetak KTP tolong pindah ke sini, pindah ke loket B," ujar Risma melalui pengeras suara.

Risma yang datang sejak pukul 14.30 WIB ke Mal Pelayanan Publik masih berada di lokasi hingga pukul 15.20 WIB. Ia juga terlihat mondar-mandir untuk mengawasi antrean dan sistem layanan rekam dan proses pencetakan e-KTP. (ze/lll)