Stok Kosong, Polisi, TNI dan Warga Mojokerto Kompak Donor Darah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 09 Jul 2018 11:43 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - 1.500 Polisi, TNI dan warga di Mojokerto melakukan donor darah massal. Selain untuk memecahkan rekor, donor darah massal ini juga untuk mengisi kekosongan stok darah di 9 Unit Pelaksana Teknis (UPT) PMI.

Donor darah massal ini salah satunya digelar di Gedung Sabhara Polres Mojokerto. Di tempat ini baik polisi, warga maupun TNI antre untuk menyumbangkan darahnya.

Pasalnya, petugas medis dan bed untuk pendonor hanya 12 unit. Sebelum menyumbangkan darahnya, para pendonor lebih dulu dicek tekanan darah dan kandungan Hemoglobin di dalam darahnya.

"Hari ini kami donor darah serentak. Selain personel polres juga melibatkan Kodim 0815, Batalyon Pararaider, masyarakat, guru dan pelajar. Total 1.500 pendonor," kata Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata kepada wartawan di lokasi, Senin (9/7/2018).

Tonton juga 'Aksi Donor Darah Bareng Perguruan Tinggi Pecahkan Rekor Muri':

[Gambas:Video 20detik]

Selain di Mapolres Mojokerto, donor darah massal ini juga digelar serentak di 14 polsek jajaran. Dari personel polres saja jumlahnya mencapai sekitar 800 pendonor.

Agar selesai dalam satu hari, donor darah massal ini juga melibatkan UPT PMI Bangkalan, Bojonegoro, Sidoarjo, Jombang, Gresik, Surabaya, Pasuruan serta kota dan Kabupaten Mojokerto.

"Ide donor darah serentak ini muncul karena saya melihat stok darah di PMI Kabupaten Mojokerto kosong. Kami lebih ke aksi sosial dalam rangka hari Bhayangkara untuk mengisi bank darah," ujar Leonardus.

Tak hanya mengisi kekosongan bank darah di Mojokerto, ribuan kantong darah juga akan didistribusikan ke PMI 8 daerah yang terlibat. Aksi donor darah massal ini juga untuk memecahkan rekor Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (Leprid).

"Penganugerahan rekor Donor Darah Serentak di Polsek Terbanyak Pada Satu Wilayah Polres ini akan diserahkan Leprid hari Rabu (11/7)," tandasnya.

Stok Kosong, Polisi, TNI dan Warga Mojokerto Kompak Donor Darah
(fat/fat)