detikNews
Sabtu 07 Juli 2018, 12:44 WIB

Begini Serunya Tinju dengan Mata Tertutup di Mapolres Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Begini Serunya Tinju dengan Mata Tertutup di Mapolres Jember Foto: Yakub Mulyono
Jember - Pertandingan tinju satu ini berbeda dengan tinju lainnya. Tinju yang digelar dalam rangka HUT Bhayangkara ke-72 ini sedikit unik, karena kedua petinju bertarung dengan mata tertutup.

Dengan kondisi mata ditutup kain hitam, petinju akhirnya harus mencari keberadaan lawan dulu sebelum melayangkan pukulan. Sebelum bertanding, tubuh mereka juga diputar-putar dulu di dalam ring. Kondisi ini semakin membuat petinju tidak bisa dengan mudah menentukan posisi masing-masing lawan.

Banyak kelucuan yang muncul dalam pertandingan tinju dengan mata tertutup ini. Salah satunya bagaimana para petinju terus berputar-putar mencari keberadaan lawannya. Bahkan ada yang salah arah hingga nyaris memukul penonton yang berada di tepi ring. Juga ada petinju yang terjengkang karena tersandung tali pembatas arena.

Sorak sorai penonton semakin membuat petinju bersemangat. Meski kerap kali salah arah, para petinju terus berusaha 'melacak' keberadaan lawannya.

Karena lebih bertujuan untuk menghibur, tidak ada aturan baku dalam pertandingan ini. Di antaranya adalah, pemenang ditentukan ketika mereka lebih dulu menemukan dan memukul lawan.

"Sengaja mata pemain ditutup untuk melatih konsentrasi menemukan lawan. Dan siapa yang menemukan lawan dan pertama memukul, dialah pemenangnya," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Sabtu (7/7/2018).

Kendati lebih bertujuan untuk hiburan, namun perlengkapan keamanan tetap wajib dikenakan para petinju. Diantaranya pelindung tubuh dan pelindung kepala. Para petinju juga memakai sarung tinju seperti pertandingan tinju pada umumnya.

Tinju ini tidak hanya diikuti oleh jajaran kepolisian saja, tapi juga mengundang jajaran TNI. Diantaranya, Batalyon 515 dan 509, Kodim 0824, Brigif 9, Secaba dan Batalyon Armed 8 Jember. Juga tak ketinggalan para jurnalis yang sering ngepos di Polres Jember.

"Masing-masing pemenang mendapat hadiah satu juta rupiah," kata Kusworo.

Dia menjelaskan, tinju mata tertutup ini merupakan satu dari sejumlah rangkaian kegiatan Polres Jember dalam memperingati HUT Bhayangkara ke - 72. Mulai dari yang bersifat sosial, pendidikan, hingga hiburan.

"Nah, untuk yang tinju mata tertutup ini termasuk kegiatan yang bersifat hiburan," tandasnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed