Pilgub Jatim 2018

Rekapitulasi di Bojonegoro Saksi Paslon Nomor 2 Tolak Tanda Tangan

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 06 Jul 2018 17:15 WIB
Foto: Ainur Rofiq
Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Penghitungan rekapitulasi suara Pilgub Jatim 2018 di Kabupaten Bojonegoro mendapat penolakan dari saksi paslon nomor urut 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur.

Mereka menolak tanda tangan lantaran banyak lembaran formulir C ditemukan banyak penulisan yang salah atau pengisian di formulir yang dianggap salah.

"Yang jelas banyak ditemukan kesalahan adminsitratif di TPS," tegas Danial Abidin, Badan Saksi Pilkada Nasional PDIP Bojonegoro kepada detikcom, Jumat (6/7/2018).

Selain itu, jelas dia, banyak terjadi ketidakcocokan pemilih yang hadir dengan suara sah dan tidak sah untuk Pilgub Jatim di beberapa TPS.

"Kita ajukan keberatan dengan mengisi formulir DB dan tidak menandatangani berita acara," imbuhnya.


Sementara Ketua KPU Bojonegoro Abdim Munib menjelaskan rapat pleno terbuka ini digelar untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Jatim 2018 dan Pilbup Bojonegoro 2018. Penghitungan berdasarkan pelaksanaan pilkada serentak pada 27 Juni 2018 lalu.

"Bagi kita tidak ada masalah kalau tidak mau tanda tangan, toh menurut saksi paslon no 1 dan PPK semua dikasih salinan. Terus kalau tidak dikasih lho buat apa tho," tambah Abdim Munib.

Rekapitulasi di KPU Bojonegoro juga disaksikan sejumlah saksi dari masing-masing pasangan calon dari gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati Bojonegoro, Panwaslukab Bojonegoro, PPK, serta Forkompinda Bojonegoro.

Dalam rekapitulasi tingkat Kabupaten Bojonegoro, pasangan nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansah-Emil Dardak mendapat 398.617 suara. Sedangkan pasangan calon nomor urut 2 Syaifullah Yusuf-Puti Guntur memperoleh 351.556 suara.


Pasangan Khofifah-Emil unggul dari pasangan nomor urut Gus Ipul-Puti. Sementara, untuk jumlah total suara sebanyak 799.972. Dengan rincian, 750.173 suara sah dan 49.799 suara tidak sah.

Penghitungan suara ini juga mencatatkan angka partisipasi masyarakat di Bojonegoro sebesar 77,9 persen dari target partisipasi pemilih 77,5 persen. Tingkat kehadiran naik dari partisipasi pemilu sebelumnya, yang hanya tercatat 75 persen.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jatim telah ditetapkan dan ditandatangani dalam Berita Acara meski saksi kubu Saifullah Yusuf-Puti Guntur tidak ikut tanda tangan. (fat/fat)