DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 11:16 WIB

Nekat Pelihara Merak Hijau, Karyawan Perhutani Dilaporkan Polisi

Erliana Riady - detikNews
Nekat Pelihara Merak Hijau, Karyawan Perhutani Dilaporkan Polisi Merak hijau diamankan/Foto: Erliana Riady
Blitar - Seorang karyawan Perhutani di Blitar dilaporkan ke polisi. Dia memelihara empat burung merak hijau tanpa izin.

Karena tergolong satwa yang dilindungi, karyawan perhutani itu melanggar Pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 ayat (2) huruf a UU RI No 05 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Tersangka adalah Agus Budi Sulistyo (43) warga Lingkungan/Kelurahan Kembangarum RT 01/RW 02 Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Pengungkapan kasus ini bermula saat dua petugas sedang berpatroli di wilayah rest area Gunung Betet, di Kelurahan Kedungbunder. Mereka menemukan tempat penangkaran hewan berupa empat ekor merak hijau di lokasi tersebut.

"Saat petugas menanyakan izin memelihara merak hijau itu, ternyata pemilik tidak bisa menunjukkannya. Temuan ini lalu dilaporkan ke Mapolres untuk penyelidikan lebih lanjut," terang Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha saat dikonfirmasi, Senin (25/6/2018).

Polres Blitar berkoordinasi dengan BKSDA Kediri untuk penanganan kasus ini. Empat merak hijau yang diamankan, telah dititipkan ke BKSDA Kediri.

"Kami juga koordinasi dan melibatkan tim ahli BKSDA untuk penanganan kasus ini," imbuh Anissullah.

Jika terbukti melakukan tindak pidana, jelas dia, tersangka diancam penjara paling lama 5 tahun dan denda maksimal Rp 100 juta.

"Barang siapa dengan sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup, ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda maksimal Rp 100 juta," tambahnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed