DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 12:44 WIB

Pilgub Jatim 2018

Cak Imin, Gus Rommy dan Gus Ipul di Halal Bihalal Bani Hasbullah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Cak Imin, Gus Rommy dan Gus Ipul di Halal Bihalal Bani Hasbullah Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Tiga tokoh penting bertemu di halal bihalal keluarga besar Bani Hasbullah Said, Tambak beras Jombang. Mereka yakni, Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy atau Gus Rommy.

Halal bihalal berlangsung meriah, penuh canda tawa, harmonis. Tidak lepas dari obrolan agenda-agenda politik penting, termasuk Pilkada Jawa Timur.

"Alhamdulillah, semua keluarga guyub. Kami keluarga besar kompaknya luar biasa. Intinya semua ingin berjuang untuk masyarakat, mewarisi semangat pengabdian para leluhur kami," kata Gus Ipul, panggilan akrab Calon Gubernur Saifullah Yusuf, Senin (18/6/2018).

Bani Hasbullah Said adalah para anggota keluarga besar dari garis keturunan KH Hasbullah Said, ayahanda pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Wahab Hasbullah, yang juga pencipta lagu Ya Lal Wathon yang sangat melegenda di kalangan nahdliyin.

Gus Ipul juga berasal dari keluarga besar KH Wahab Hasbullah. Gus Ipul adalah cicit KH Bisri Syansuri, yang tak lain adik ipar KH Wahab. Adik Kiai Wahab disunting Kiai Bisri, yang melahirkan jalur keturunan hingga generasi Gus Ipul.

Relasi Kiai Wahab dan Kiai Bisri memang sangat kental. Kiai Bisri pula yang menggantikan posisi Kiai Wahab sebagai Rais Am PBNU (pemimpin tertinggi NU), sepeninggal Kiai Wahab tahun 1971.

Kiai Wahab dan Kiai Bisri juga terlibat dalam pendirian NU bersama para ulama terpandang lain, seperti Syaichona Kholil dari Bangkalan, KH Hasyim Asyari dari Jombang, dan KHR Asad Syamsul Arifin dari Situbondo.

Saat ini, anggota keluarga Bani Hasbulloh Said terserak ke berbagai partai politik, namun tetap guyub, dan saling memberi dukungan moral satu sama lain. Terlebih di agenda-agenda pemilihan politik.

"Meski beda parpol, keluarga tetap solid kompak dan saling mendoakan," ujar Ketua Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas KH Hasib Wahab saat memberi sambutan dalam halal bi halal di Gedung Serbaguna Hasbullah Said.

Saat ini, sejumlah anggota Bani Hasbullah Said sedang berjuang di jalur keumatan melalui Pilkada kabupaten, provinsi, bahkan Pemilihan Presiden.

Di tingkat kabupaten, ada Calon Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab. Di tingkat provinsi, ada Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang maju menjadi calon gubernur Jatim.

Di level pilpres, ada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang sama-sama melirik posisi wapres.

"Saat ini dari keluarga besar ada yang nyalon Bupati, ada yang nyalon gubernur; bahkan ada dua yang nyalon Wapres. Yang gubernur hanya Gus Ipul yang nyalon. Kita doakan semua sukses," ujar KH Hasib Wahab, putra dari KH Wahab Hasbullah.

Menurut KH Hasib Wahab, sebagai saudara, ada kewajiban moral saling mendukung dan menguatkan. Perbedaan jangan jadi perpecahan. "Keluarga harus tetap kompak bersatu memenangkan keluarga yang sedang maju dalam pertarungan politik," kata Hasib.

"Gus Ipul, Gus Romahurmuzy, Cak Imin tanamkan ajaran NU lewat politik. Kami mendoakan semua bisa meraih yang dicita-citakan," imbuhnya.

Ada yang menarik sesi foto-foto bersama. Romahurmuzy, yang Ketua Umum PPP, bersedia mengacungkan dua jari. Ini simbol nomor pilihan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno di Pilkada Jawa Timur.

"Doa, restu dan dukungan dari sesama anggota keluarga besar, membuat kami bangga, berbesar hati. Kami tambah kuat dan semangat," kata Gus Ipul.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed