Begini Kemacetan Arteri Jombang Dampak Pengalihan Tol Wilangan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 17 Jun 2018 14:46 WIB
Jalur Arteri Jombang Macet/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Kemacetan sepanjang 2 Km terjadi di jalur arteri Jombang. Antrean kendaraan pemudik ini terjadi, salah satunya akibat pengalihan tol fungsional Wilangan-Kertosono.

Hingga selesai lebaran, arus mudik dari arah Surabaya melalui tol Jombang-Mojokerto (JoMo) masih tinggi. Itu terlihat dari banyaknya kendaraan yang keluar di gerbang tol (GT) Bandar, Jombang.

Bahkan antrean di GT ini mencapai 3 Km. Membludaknya pemudik dari arah Surabaya mengakibatkan kemacetan cukup parah di jalur arteri Jombang.

Pasalnya, pemudik dari arah Surabaya yang melalui tol JoMo, mulai hari ini harus keluar ke jalur arteri Jombang. Tol fungsional Wilangan-Kertosono khusus kendaraan dari arah Ngawi ke Surabaya.

Kondisi ini diperparah dengan tingginya volume kendaraan pemudik dari arah Surabaya yang melintas di jalur arteri. Antrean kendaraan siang ini mencapai 2 Km. Para pemudik mengaku terjebak kemacetan di exit Tol Bandar selama 3 jam. Salah satunya dialami Supri (45), pemudik asal Surabaya yang akan menuju ke Solo.

"Saya kena macet di exit Tol Bandar mulai Pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, antrean sangat panjang," kata Supri kepada wartawan di lokasi, Minggu (17/6/2018).

Agar kemacetan tak bertambah parah, polisi melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas.

"Agar kemacetan bisa terurai, kami lakukan contra flow dari arah Madiun ke Surabaya dan sebaliknya. Selain itu, kami juga alihkan arus dari arah Surabaya ke Kediri melalui pertigaan Jatipelem, Kecamatan Diwek," terang anggota Sat Lantas Polres Jombang Ipda Sartono. (fat/fat)