DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 19:01 WIB

3 Desa di Trenggalek Ini Alami Kekeringan Saat Lebaran

Adhar Muttaqin - detikNews
3 Desa di Trenggalek Ini Alami Kekeringan Saat Lebaran Air bersih didistribusikan ke desa yang kekeringan (Foto: Adhar Muttaqin)
Trenggalek - Ratusan warga di tiga desa di Trenggalek terpaksa harus merayakan Lebaran di tengah kondisi kekeringan. Untuk membantu warga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memberikan suplai air bersih dengan mobil tangki.

Kasi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek Putut Mahendra Data mengatakan kekeringan di wilayahnya telah terjadi di Desa Basuki Kecamatan Panggul, Desa Bogoran, dan Desa Timahan Kecamatan Kampak.

"Awalnya memang hanya satu desa yakni Besuki, tapi kemudian ada tambahan dua desa yang minta bantuan air bersih. Begitu ada permintaan resmi dan sudah dicek maka akan langsung dikirim," kata Putut Mahendra, Rabu (14/6/2018).


Menurutnya permintaan bantuan air tersebut dikakukan karena kondisi sumber air yang ada di sekitar perkampungan warga telah menyusut atau bahkan mengering, sehingga tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek, Joko Rusianto membenarkan kondisi kekeringan di wilayahnya, hal ini telah diantisipasi jauh hari oleh tim tanggap darurat, dengan menyiapkan armada maupun anggaran untuk membantu warga yang terdampak kekeringan.

Dari analisa yang dilakukan BPBD Trenggalek, jumlah desa yang berpotensi mengalami kekeringan mencapai 43 desa yang tersebar di 13 kecamatan. Desa-desa terebut rata-rata berada di kawasan pegunungan tandus.


"Hampir semua kecamatan di Trenggalek ini berpotensi kekeringan, makanya kami jauh-jauh hari sudah mulai mempersiapkan diri, mulai dari sarana prasarana hingga anggaran," jelasnya.

Joko mengaku telah menyiapkan lima unit armada tangki yang digunakan untuk memasok air bersih. Sedangkan anggaran pengadaan air telah disiapkan dari dana siap pakai dari APBD Trenggalek dan Bantuan Tak Terduga (BTT) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed