DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 19:48 WIB

Di Gresik, Pemudik Bisa Pijat Bareng Thor dan Superman

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Di Gresik, Pemudik Bisa Pijat Bareng Thor dan Superman Ada kursi pijat, ada hiburan dari cosplay super hero juga (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Gresik - Pengguna jalan di jalur utara Gresik bila lewat Tebaloan, Duduk Sampeyan, akan menemukan sebuah pos pelayanan yang unik. Bahkan tempat pelayanan itu bukan seperti pos pelayanan.

Pos pelayanan itu justru berbentuk seperti kampung. Yang unik, itu adalah kampung super hero. Ya, kampung super hero ini adalah bentuk pelayanan Polres Gresik kepada para pengguna jalan khususnya para pemudik.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro mengatakan kampung super hero yang dibangun di areal SPBU Duduk Sampeyan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menghibur dan memanjakan pemudik.

"Ada simulator SIM, ada fasilitas teknologi go sigap, studio mini, tempat pijat, danlain sebagainya," ujar Wahyu kepada detikcom, Senin (11/6/2018).

Selain itu, bagi pemudik yang mengalami kendala pada kendaraan, baik itu roda dua maupun empat, bisa mampir ke sini karena pos pelayanan ini juga dilengkapi dengan bengkel yang siap membantu pemudik yang mengalami kendala.

Bagi yang lelah dan capek, kata Wahyu, para pemudik bisa memanfaatkan rest area yang dilengkapi dengan fasilitas pijat refleksi. Hiburan lain adalah petugas yang berpakaian cosplay superhero yang siap menghibur dan melayani para pemudik.

Tim URC Black Panther di depan kampung super heroTim URC Black Panther di depan kampung super hero (Foto: Deni Prastyo Utomo)

"Selain itu kami juga siapkan traffic incident center yang melayani pertolongan pertama ketika terjadi laka lantas. Serta akan kami siapkan tenaga medis dan juga ambulans serta alat pemadam kebakaran dan juga rest area yang dilengkapi dengan musala," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan semua fasilitas memang sengaja disediakan oleh Polres Gresik dan juga jajaran Sat Lantas Gresik untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik saat arus mudik dan arus balik.

"Kami ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Karena masyarakat sudah capek di jalan. Agar mereka bisa istirahat yang maksimal saat hendak mudik dan balik nanti," lanjut Akpol lulusan 1998 ini.

Polres Gresik dan jajaran ingin memberikan yang berbeda dengan pos pelayanan yang lainnya. "Kami ingin memberikan yang berbeda. Mereka bisa istirahat cukup, terhibur, dan konsentrasi kembali penuh agar saat melanjutkan perjalanan bisa fokus dan selamat sampai tujuan," ujar Wahyu.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto mengatakan tema super hero digunakan untuk kampung super hero ini karena pihaknya sudah kerap membuat program atau kegiatan bertema super hero. Selain itu, super hero merupakan tema yang dekat dengan masyarakat.

Sebuah logo Superman di depan kampung super heroSebuah logo Superman di depan kampung super hero (Foto: Deni Prastyo Utomo)

"Ada tokoh dari Marvel dan DC. Sampai hari ini boomingnya Infinity Wars juga masih ada. Tim kami juga bernama Black Panther," kata Wikha.

Wikha mengatakan bahwa minat pengguna jalan khususnya pemudik terhadap kampung super hero ini sangat besar. Banyak para pemudik yang menyempatkan diri mampir karena pingin tahu ada apa di dalam bangunan yang unik ini.

"Pemudik yang mengisi BBM juga akhirnya banyak yang mampir karena malihat ada yang unik di kampung super hero ini," lanjut Wikha.

Selain membuat pos pelayanan dengan tema super hero, Wikha mengaku tetap aktif dalam mengamankan arus mudik di jalur-jalur nasional di wilayah Gresik.

"Kami tetap melakukan pemantauan arus mudik di beberapa titik-titik di jalur yang dianggap rawan laka lantas dan kemacetan saat arus mudik dan arus balik," tandas Wikha.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed