DetikNews
Kamis 31 Mei 2018, 16:35 WIB

HUT Surabaya, Pelindo III Beri Kado 4 Truk Kebersihan

Zaenal Effendi - detikNews
HUT Surabaya, Pelindo III Beri Kado 4 Truk Kebersihan Penyerahan 4 truk kebersihan secara simbolis kepada Wali Kota Risma. (Foto: Istimewa)
Surabaya - Hari ini Kota Surabaya merayakan hari jadinya yang ke-725. Pelindo III memberikan kado berupa 4 unit truk kebersihan kepada Pemkot Surabaya.

Penyerahan 4 unit truk kebersihan ini dilakukan secara simbolis oleh Human Capital and GA Director Pelindo III Toto Heli Yanto kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Kantor Pemkot Surabaya, Kamis (31/5).

"Kado 4 unit truk kebersihan dipilih karena memang selama ini Pelindo III selalu bekerja sama erat dengan Pemkot (Surabaya) untuk mewujudkan Kota Surabaya yang asri," kata Toto dalam rilis yang diterima detikcom.


Wali Kota Risma pun mengapresiasi kerjasama Pemkot dengan Pelindo III. "Pelindo III ini sering bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam pengembangannya, kami sangat mengapresiasi atas pemberian dari Pelindo III yang bermanfaat bagi Kota Surabaya dan warga Surabaya. Kerjasama yang kami sering lakukan ini juga sangat menunjang kesejahteraan Warga Kota Surabaya," tuturnya.

Wali kota wanita pertama di Surabaya ini juga membenarkan jika sarana dan prasarana di bidang kebersihan menjadi kebutuhan bagi Pemkot. Meski saat ini volume sampah di Surabaya berkurang dari 3.000 ton perhari menjadi 1.200 ton per hari, namun rasio ideal kendaraan kebersihan adalah 1 eskavator didukung oleh 6 truk.

Untuk itu dari 54 eskavator yang saat ini dimiliki Pemkot Surabaya, idealnya didukung oleh sekitar 300 truk. Namun saat ini Pemkot baru memiliki 90 truk. Dikhawatirkan rasio tersebut akan mempengaruhi kinerja normalisasi saluran air.


Dari data yang dihimpun diketahui bahwa saluran primer di Surabaya berjumlah 12 buah, belum termasuk saluran sekunder. Setiap tahun saluran-saluran tersebut minimal harus dikeruk sebanyak 2 kali dan membutuhkan 3-4 unit eskavator.

Toto pun menambahkan kado yang diberikan Pelindo III dalam rangka HUT Surabaya memang sejalan dengan fokus pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak yang memiliki konsep green port. Karena itu pelabuhan menjadi fitur bisnis kota harus sejalan dengan konsep besar kotanya.

"Kotanya hijau, pelabuhannya juga harus 'green' (berkonsep ramah lingkungan)," ujarnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed