DetikNews
Sabtu 26 Mei 2018, 13:17 WIB

Anak Bupati Pimpin DPRD Lamongan

Eko Sujarwo - detikNews
Anak Bupati Pimpin DPRD Lamongan Debby Kurniawan menunjukkan SK pengangkatannya sebagai Ketua DPRD Lamongan (Foto: Eko Sujarwo)
Lamongan - Debby Kurniawan, Ketua DPC Partai Demokrat Lamongan yang juga Putra Bupati Lamongan Fadeli, dipastikan menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lamongan di sisa periode 2014-2019.

Kepastian itu didapatkan setelah turunnya SK dari DPP Partai Demokrat yang ditandatangani ketua umum DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen DR. Hinca Pandjaitan.

"Surat tersebut tertanggal 16 Mei, dengan nomor surat 135/SK/DPP.PD/V/2018. Yaitu tentang pergantian unsur Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, dari fraksi Partai Demokrat, yaitu atas nama saudara H. Kaharudin digantikan oleh saudara Debby Kurniawan," kata Iwan panggilan akrab Debby Kurniawan, Sabtu, (26/5/2018).

Oleh DPC PD Lamongan, lanjut Debby, surat tersebut sudah dikirimkan ke Fraksi PD di DPRD Lamongan untuk diserahkan ke sekretariat Dewan untuk ditindaklanjuti. "Dari fraksi juga sudah dikirimkan ke pimpinan untuk dilakukan proses selanjutnya, dan kemarin sudah dilakukan proses Bamus, kemudian dilakukan paripurna," ujar Debby yang saat ini juga masih menjabat sebagai ketua Fraksi PD DPRD Lamongan.


Saat ditanya kapan akan dilakukan pelantikan, Ia mengaku belum tahu, karena masih harus menunggu surat dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. "Proses selanjutnya adalah nanti dikirim ke Gubernur, baru nanti mungkin beberapa saat ada surat dari Gubernur, baru peresmian untuk ketua yang baru," ujarnya membeberkan.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, prosesi pergantian ini merupakan kegiatan rutin dari Partai Demokrat dalam rangka penyegaran. "Setiap tahun memang kita lakukan rotasi-rotasi, mulai dari komisi A ke komisi B dan seterusnya, dan saat ini adalah ketua dewannya," katanya.

Ia pun kembali menegaskan, PAW Ketua DPRD ini memang murni penyegaran. Bukan karena ada persoalan kinerja dengan ketua yang sebelumnya (H. Kaharudin). Bahkan, sambungnya, H. Kaharudin, sudah baik, selama menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPRD Lamongan. "Jadi memang proses ini terlihat mengejutkan, mugkin karena posisinya agak bergengsi Ketua Dewan, kalau yang kemarin Ketua Komisi B ke Komisi C mungkin biasa," tuturnya.


Padahal dikatakan Iwan, proses PAW Ketua DPRD Lamongan ini telah lama dipersiapkan, namun untuk PAW posisi Ketua DPRD membutuhkan proses yang lama karena harus melalui DPP. Ia pun memastikan, hubungannya dengan H. Kaharudin tidak ada persoalan. "Saya bersama Pak Kahar sempat berdiskusi. Saya kira hubungan saya dengan Pak Kahar baik baik saja, baik setelah surat itu turun, maupun sebelumnya," ujarnya.

Dalam posisi Ayah menjabat Bupati Lamongan dan anak menjabat Ketua DPRD Lamongan, Iwan menjamin akan bersikap profesional. "Kami kerjakan tugas kita masing-masing. Tetap melakukan evaluasi-evaluasi, bagaimanapun ketua dewan tidak sendirian, punya 50 anggota. Suaranya tidak hanya satu, banyak sekali," ucapnya.

Mengenai ketidakhadiran Kaharuddin saat mengumumkan pergantian tersebut, Debby mengaku kalau yang bersangkutan sedang ada acara lain. "Tadi sudah minta izin karena ada acara lainnya," aku Debby.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed