DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 20:24 WIB

Setiap Jumat, Kelenteng di Bojonegoro Ini Ajak Umat Muslim Bukber

Ainur Rofiq - detikNews
Setiap Jumat, Kelenteng di Bojonegoro Ini Ajak Umat Muslim Bukber Setiap Jumat, kelenteng ini ajak umat muslim bukber (Foto: Ainur Rofiq)
Bojonegoro - Keharmonisan antar umat beragama terlihat di Bojonegoro. Setiap hari Jumat, kelenteng ini menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa bagi umat Islam.

Ratusan piring dan gelas berisi makanan dan minuman serta buah buahan telah tersedia di meja panjang Kelenteng Hok Swie Bio jelang waktu berbuka puasa. Deretan kursi terlihat deretan kursi tertata rapi.

Kursi itu kemudian satu demi satu dipenuhi oleh umat muslim. Mereka adalah warga sekitar dan para pengguna jalan yang melintas di depan Kelenteng Hok Swie Bio yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto.

Sebelum berbuka puasa, seorang ustaz memimpin doa terlebih dahulu. Setelah azan terdengar, satu persatu mulai membatalkan puasa dengan air dan buah-buahan yang disediakan.

Untuk kemudian mereka saling mengantre untuk mendapatkan makanan dan minuman halal yang dibagikan. Salah satu warga, Eko (25), mengaku sering ikut makan di kelenteng. Selain masakannya yang enak, suasana berbukanya juga berbeda.


Setiap Jumat, Kelenteng di Bojonegoro Ini Ajak Umat Muslim Bukber Foto: Ainur Rofiq

"Pingin saja, kan suasananya beda gitu ini di kelenteng," ujar Eko kepada detikcom, Jumat (26/5/2017).

Sementara itu, Salah satu pengurus kelenteng mengatakan jika kegiatan ini telah berjalan selama 10 tahun. setiap hari Jumat di bulan Ramadan, kelenteng selalu mengadakan buka puasa bersama.

"Kegiatan berbuka puasa bareng kaum muslim ini tidak ada maksud lain kecuali saling berbagi untuk umat beragama. Dan ini bentuk toleransi yang sudah lama kami lakukan." tutur Wakil ketua Kelenteng Hok Swie Bio, Hariyanto, kepada detikcom.

Suasana guyub dan rukun memang sangat terlihat. Para umat Tri Dharma dengan rela dan sabar melayani para muslim dan masyarakat untuk menikmati makanan dan minuman. sedikitnya 300-400 piring makanan dan minuman disiapkan dalam berbuka puasa bersama di kelenteng ini.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed