detikNews
Jumat 25 Mei 2018, 17:36 WIB

Mumpung Masih Gratis, Coba Sensasi Sauna dengan Uap dari Sampah

Sugeng Harianto - detikNews
Mumpung Masih Gratis, Coba Sensasi Sauna dengan Uap dari Sampah Foto: Sugeng Harianto/File
Madiun - Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun mempersilakan warga untuk mencoba inovasi baru yang mereka kembangkan, yaitu sauna dari uap hasil fermentasi sampah di TPU Winongo.

Karena masih dalam masa percobaan, maka warga yang ingin mencoba sauna di TPA Winongo juga tidak dipungut biaya alias gratis.

"Uji coba ini siapapun yang ingin merasakan mandi sauna sampah tidak dipungut biaya alias gratis. Namun pengunjung harus membawa sendiri rempah-rempah yang digunakan untuk terapi sauna ini," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun, Suwarno kepada detikcom, Jumat (25/5/2018).


Suwarno menjelaskan, rempah-rempah ini berfungsi sebagai pengharum. Beberapa rempah yang dapat digunakan antara lain jahe, lengkuas, serai, jeruk nipis dan kayu manis. Bahan-bahan itu akan dihaluskan lalu direbus di dalam dandang yang telah disediakan dalam tabung.

"Rempah-rempah sesuai keinginan bisa bawa sendiri karena gratis mandinya," katanya.

Pengunjung juga bisa membawa rempah-rempah aromaterapi untuk menghilangkan bau sampah dari uap hasil fermentasi yang digunakan untuk sauna.


Menurut Suwarno, karena masih baru, maka fasilitas ini sering digunakan para pekerja di TPA. Biasanya mereka memilih mandi sauna saat istirahat siang ataupun sebelum pulang.

Salah satu pekerja TPA Winongo, Suhartono mengaku sudah rutin dua hari sekali menggunakan fasilitas sauna gratis ini. Namun sekali 'nyemplung', ia mengaku hanya butuh waktu sekitar lima menit saja.

"Rasanya di badan itu enteng. Capek-capek juga hilang. Terus badan juga wangi tidak bau sampah," akunya.

Penasaran ingin mencoba? Lokasi TPA Winongo berada di Jalan Ringroad Barat, tepatnya selatan flyover.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed