DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 14:35 WIB

KPPU akan Tindak yang Langgar dan Naikkan Harga Jelang Lebaran

Zaenal Effendi - detikNews
KPPU akan Tindak yang Langgar dan Naikkan Harga Jelang Lebaran ilustrasi/Foto: Puti Aini Yasmin
Surabaya - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menegaskan akan menindak tegas siapa saja yang melakukan pelanggaran dan menyebabkan kenaikan harga jelang lebaran. KPPU akan melakukan penyelidikan dan pengawasan.

"Pada prinsipnya kami mengawasi secara menyeluruh secara mendalam selama Ramadan dan jelang Ramadan khususnya kebutuhan pokok," kata Komisioner KPPU M Afif Hasbullah di Surabaya, Kamis (23/5/2018).

Untuk pengawasan, kata Afif, pihaknya akan menggandeng seluruh pihak termasuk penyedia kebutuhan pokok. Afif menyebut tidak semua harga kebutuhan naik disebabkan penimbunan yang menyebabkan kelangkaan di pasar.


"Kami akan undang seluruhnya mulai regulator pemerintah, kepolisian, distributor. Kita gelar dari hulu sampai hilir untuk mengetahui benang kusutnya yang menyebabkan harga naik," ujar Afif.

Ia mengungkapkan selama ini pihaknya tetap turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan meski regulasi tidak bisa langsung melakukan penindakan serta penyitaan barang sebagai barang bukti seperti kepolisian.


"Ini juga psywar pada publik jika kami bekerja. Jika mengarah pada persaingan tidak sehat kami pasti akan sikat. Prinsipnya kami tetap lakukan pengawasan," tegas Afif.

Ia menyebut indikasi terjadinya kecurangan di lapangan bisa disebabkan adanya pengkhianatan kesepakatan harga sehingga ada ketimpangan. "KPPU tetap bekerjasama dengan semua pihak termasuk satgas pangan untuk pengamanan harga pangan," pungkas Afif.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed