Kabar Terkini Rendra Penghina Nabi, Dipindah dari Tahanan ke RSJ

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 09 Mei 2018 13:29 WIB
Rendra saat diamankan polisi ke Mapolda Jatim. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Rendra saat diamankan polisi ke Mapolda Jatim. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - Kasus penghina Nabi Muhammad, Rendra Hadikurniawan, hingga kini masih didalami Polda Jawa Timur. Dia ditetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan di Mapolda Jatim. Namun kini, Rendra sudah tak lagi menempati sel tahanan.

Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera mengatakan Rendra kini telah dipindahkan dari ruang tahanan blok H Ditreskrimsus Mapolda Jatim ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya.

"Yang bersangkutan (Rendra) telah dipindahkan ke RSJ Menur," ujar Barung di Surabaya, Rabu (8/5/2018).


Tak hanya itu, Barung mengungkapkan pemindahan Rendra ke RSJ sudah dilakukan sejak Jumat (4/5/2018) lalu. Hal ini, lanjut Barung bertujuan untuk memeriksa kejiwaannya.

Kendati untuk hasil pemeriksaan, dilakukan langsung oleh ahli kejiwaan Rumah Sakit Bhayangkara,dan melibatkan beberapa pihak terkait seperti dari Universitas Airlangga. Barung juga menyatakan hasil dari pemeriksaan tersebut bila mantan kader Partai Demokrat itu diduga mengalami gangguan jiwa.

"Yang pasti kami butuh pembanding untuk menegakkan hukum pada tersangka, dalam hal ini kami (polisi) telah bertindak cepat, tapi terkendala kondisi psikis tersangka," lanjutnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung MangeraKabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera (Foto: dok detikcom)
Oleh karena itu, pemindahan tersangka itu bertujuan untuk pemeriksaan kejiwaan. Untuk pemeriksaan lanjutan, Barung mengatakan akan dibantu pula oleh dokter kejiwaan dari RSJ Menur, dan dokter dari Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya.


Sebelumnya, Rendra ditangkap polisi lantaran videonya yang beredar di media sosial. Video tersebut berisikan penghinaannya kepada Nabi Besar umat Islam, Nabi Muhammad SAW. Rendra pun ditangkap petugas gabungan Polda Jatim dan Polres Mojokerto di Trawas, Mojokerto.

(trw/trw)