DetikNews
Rabu 09 Mei 2018, 13:00 WIB

Operasi Pekat di Jatim, Ini Sasaran Utama Polisi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Operasi Pekat di Jatim, Ini Sasaran Utama Polisi Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Menjelang bulan Ramadhan, polisi melakukan berbagai upaya guna mengamankan kegiatan-kegiatan keagamaan di bulan suci bagi umat Islam ini. Salah satunya dengan melakukan operasi pekat.

Sejumlah sasaran utama operasi ini antara lain mengurangi peredaran petasan.

"Pengamanan petasan ya pasti lah menjadi rutinitas kita. Kita juga akan melakukan operasi pekat," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin usai Bakti Sosial Kesehatan di Klinik Abdihusada Utama, Jalan Mulyosari, Surabaya, Rabu (9/5/2018).


Machfud menambahkan, pihaknya juga akan menggiatkan razia berbagai penyakit masyarakat yang sedang banyak terjadi di Jawa Timur, seperti peredaran miras oplosan.

Dikatakan Machfud, bulan puasa biasanya memang rawan terjadi oplosan beras. Dalam hal ini, ia juga akan tegas melakukan penindakan pada oknum.

"Ya nanti kalau ada yang melakukan oplosan beras ya kita tindak juga," ujar jenderal bintang dua ini.


Sementara itu untuk kondisi pangan jelang Ramadhan, Machfud memastikan masih stabil dan aman. Namun jika ada penyimpangan atau masuknya makanan impor yang tidak sesuai prosedur, dengan tegas Machfud akan menindak hal ini.

"Kondisi pangan jelang Ramadhan, sementara stabil masih aman, pokoknya yang menyimpang tidak sesuai prosedur ya kita tindak. Seperti kemarin ada barang masuk yang tidak sesuai prosedur ya kita tindak," tambahnya.

Ditambahkan Machfud, ada juga satuan penugasan khusus untuk mengawasi dan mengantisipasi adanya kecurangan oknum dalam hal pangan. "Sudah ada satgas yang terbentuk secara nasional timnya dari Mabes Polri," pungkasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed