BNNP Jatim Musnahkan 32 Kg Ganja dan 6 Kg Sabu

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 27 Apr 2018 16:43 WIB
BNNP Jatim musnahkan 32 kg ganja dan 6 kg sabu (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Surabaya - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim memusnahkan barang bukti 32 kilogram ganja dan 6 kilogram sabu. Barang bukti tersebut merupakan hasil tangkapan selama dua bulan.

Barang bukti tersebut merupakan hasil dari 5 ungkap kasus di tempat yang berbeda. Dari 5 ungkap kasus tersebut sebanyak 9 tersangka diamankan. Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso menyampaikan pemusnahan barang bukti ini adalah hasil tangkapan selama bulan April hingga Maret 2018.

"Sebagian barang bukti ini sudah kami limpahkan ke kejaksaan. Untuk sisanya kami musnahkan," kata Bambang BS saat pemusnahan barang bukti Ganja dan Sabu di Kantor BNNP Jatim di Ngagel Madya, Jumat (27/4/2018).

Sebanyak 9 tersangka yang telah diamankan, mereka masih terkait dengan jaringan lapas.


"Sembilan tersangka yang diantaranya ada dua tersangka wanita masih terkait dengan jaringan lapas. Saat ini kami masih terus mengali jaringan lapas tersebut," kata Bambang.

Bambang merincikan dari ungkap kasus yang pertama, petugas mengamankan tersangka MA di kawasan Cemedi, Sedati Sidoarjo. Dari tersangka tersebut, petugas mendapatkan 10 bungkus ganja dan 14 bungkus ganja disimpan di dalam kemasan kopi bubuk.

Untuk ungkap kasus yang kedua, petugas mengamankan NN didaerah Kedung Cowek. Barang bukti yang didapatkan narkotika jenis sabu seberat 5 kilogram yang disimpan di dalam tas ransel berwarna biru.

Sedangkan untuk ungkap kasus yang ketiga, petugas BNNP Jatim mengamankan satu tersangka yakni P dengan barang bukti 138,20 gram.


Kasus keempat dari tersangka SR, dengan barang bukti berupa sabu 920 gram. Kasus tersebut didapatkan dari penangkapan melalui penerbangan pesawat dengan rute Kuala Lumpur menuju Surabaya. Petugas melakukan pengeledahan menemukan 8 bungkus plastik yang didalamnya berisi narkotika jenis sabu yang disimpan dalam rice cooker.

Dan yang terakhir, petugas mengamankan 3 tersangka di Banyuwangi dan menyita barang bukti 19820 gram narkotika.

"Untuk saat ini kami belum bisa merinci berapa jumlahnya bila diuangkan. Sebab semakin diberantas barang menjadi sulit dan mahal. Banyangkan satu gramnya bisa mencapai Rp 2 juta," ungkap Bambang.

Sembilan tersangka tersebut akan dikenakan Pasal Tindak Pidana Peredaran Gelap Narkotika sebagaimana dimaksud Pasal 114 ayat (2) Subs Pasal 111 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (iwd/iwd)